SITI USWATUN KHASANAH, 141310003046 (2018) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN KITAB KUNING (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Tahunan Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003046_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003046_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003046_BAB II.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
![[thumbnail of 141310003046_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
141310003046_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB)
141310003046_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141310003046_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Penerapan Metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an dan kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Tahunan Jepara. 2. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an dan kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Tahunan Jepara.Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research (studi lapangan) yang berbentuk kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun subyek dalam penelitian adalah peneliti sendiri, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar Al-Qur’an dan kitab kuning serta ketua dan keamanan Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Tahunan Jepara.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an dan kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Tahunan Jepara. a.) Persiapan dalam pembelajaran Al-Qur’an dan kitab kuning sangat penting khususnya penguasaan dalam pembelajarannya. Salah satu metode yang digunakan adalah metode driil. Metode drill adalah cara membelajarkan siswa untuk mengembangkan kemahiran dan keterampilan serta dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan. Latihan atau berlatih merupakan proses belajar dan membiasakan diri agar mampu melakukan sesuatu. b.) Pelaksanaan penerapan metode drill secara terperinci dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran. 2. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an dan kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahun Najah Tahunan Jepara adalah kelebihan dan kelemahan metode.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Amir Gufron, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Drill, Pembelajaran Al-Qur’an dan Kitab Kuning. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 07:50 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 07:50 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3069 |