Search for collections on Publications

ANALISIS PEMIKIRAN AL GHOZALI TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM YANG DITERAPKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH MATHOLI’UL HUDA 01 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

ABDUL JAMIL, 141310003259 (2018) ANALISIS PEMIKIRAN AL GHOZALI TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM YANG DITERAPKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH MATHOLI’UL HUDA 01 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 141310003259_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003259_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 141310003259_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003259_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 141310003259_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003259_BAB II.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 141310003259_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003259_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 141310003259_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003259_BAB IV.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 141310003259_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003259_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003259_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003259_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemikiran Al Ghozali tentang lingkungan pendidikan Islam, menjelaskan penerapan pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan Islam pada MI Matholi’ul Huda 01 Damarwulan Keling Jepara dan mengetahui manfaat dari penerapan pemikiran Al Ghozali tentang pendidikan Islam bagi perkembangan lingkungan pendidikan pada MI Matholi’ul Huda 01 damarwulan Keling Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk kategori penelitian kepustakaan (library research), bukan penelitian lapangan (field research). Penelitian kepustakaan yaitu penelaahan yang dilakukan dengan cara mengadakan studi terhadap buku-buku yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas, sumber data dalam penelitian merupakan subjek darimana data diperoleh. Dalam rangka untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan dua macam yaitu data primer dan skunder
Dari hasil penelitian pada Lingkungan pendidikan Islam menurut Al- Ghazali adalah upaya tranformasi nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam dengan meletakkan al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad saw sebagai acuan utama. Secara umum sistem pendidikan Islam mempunyai karakter religius serta kerangka etik dalam tujuan dan sasarannya. Pemikiran
pendidikan al Ghazali secara umum bersifat religiusetis. Kecenderungannya ini di pengaruhi oleh penguasaannya di bidang sufisme.
Penerapan pemikiran Al-Ghazali tentang lingkungan pendidikan Islam pada MI Matholi’ul Huda 01 Damarwulan Keling Jepara langkah yang dilakukan dalam menerapkan demokratisasi pendidikan agama Islam adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengekspresikan kemampuannya dalam belajar. Pembelajaran direncanakan secara matang, guru membantu siswa menyediakan alat dan sarana yang diperlukan dalam pemberian tugas. Prestasi siswa yang diperoleh dari tugas dicatat untuk dibuat grafik sehingga jelas perkembangan prestasi siswa. Seorang guru harus memiliki sifat-sifat serta akhlak mahmudah, sebab guru adalah sosok teladan kedua setelah orang tua yang akan digugu dan ditiru.
Manfaat dari penerapan pemikiran Al Ghozali tentang lingkungan
pendidikan Islam bagi perkembangan lingkungan pendidikan pada MI Matholi’ul Huda 01 Damarwulan Keling Jepara hasil dari pelaksanaan pemikiran Al Ghozali dalam penerapan pendidikan Islam di MI Matholiul Huda 01 Damarwulan sangat baik. Demikian diperoleh data bahwa siswa mempunyai nilai prestasi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid,M.Ag
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.19 Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:26
Last Modified: 17 Mar 2022 07:26
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item
View Item