ZAINAL ASIKIN, 172610000384 (2020) MANAJEMEN PENJAMINAN MUTU INTERNAL (MPMI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SMK BHAKTI PRAJA JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 172610000384_COVER.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
2. 172610000384_BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
3. 172610000384_BAB II.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
4. 172610000384_BAB III.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. 172610000384_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 172610000384_BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. 172610000384_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 17261000384_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah pelaksanaan sistem penjamin mutu internal di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) apa sajakah faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan sistem penjamin mutu internal di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) bagaimanakah dampak pelaksanaan sistem penjamin mutu internal terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dari milles and hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) pelaksanaan sistem penjamin mutu internal di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan republik indonesia Nomor 28 tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan MenengahPasal 5 diantarnya: SPMI-Dikdasmen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) memiliki siklus kegiatan yang terdiri atas: 1) memetakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan; 2) membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam rencana kerja sekolah; 3) melaksanakan pemenuhan mutu dalam pengelolaan satuan pendidikan dan proses pembelajaran; 4) melakukan monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan; dan 5) menyusun strategi peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi. 2) dampak pelaksanaan sistem penjamin mutu internal di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah meningkatkan mutu akademik dan non akademik, hal ini berdasarkan nilai mid semester pada tiap kelas dan peringkat nilai ujian SMK se-Kab Jepara yang masuk ke dalam 5 besar. Pencapaian prestasi non akademik juga telah mendapat berbagai kejuaraan baik tingkat kota maupun tingkat privinsi, 3) Faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan sistem penjamin mutu internal di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah Guru yang berkualitas, Pembelajaran model PAIKEM, Dukungan orang tua, Lingkungan masyarakat yang sadar dengan mutu pendidikan. Adapun faktor penghambatnya adalah Sarana pembelajarn yang kurang memadai pada masing-masing jurusan keahlian, Sebagain guru yang tidak bisa hadir dalam audit internal, Sebagain siswa yang nakal sehingga perlu pembinaan, Kurangnya kedisplinan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M. Ag |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Manejemen Penjamin Mutu, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 28 Nov 2021 06:46 |
Last Modified: | 28 Nov 2021 06:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/602 |