BAGAS TRIHATMOJO, 181330000248 (2023) EFEKTIVITAS METODE SILABA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD NEGERI 6 BANGSRI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000248_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000248_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000248_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 181330000248_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000248_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 181330000248_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000248_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 181330000248_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000248_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 181330000248_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000248_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (699kB)
181330000248_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000248_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000248_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa masalah pada keterampilan membaca peserta didik kelas 2 SD Negeri 6 Bangsri Jepara. Pertama, peserta didik kelas 2 banyak yang belum bisa membaca. Kedua, guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang bervariatif dalam proses belajar mengajar peserta didik sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan tidak antusias. Ketiga, hasil belajar peserta didik kelas 2 di SD Negeri 6 Bangsri masih rendah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini mengetahui efektivitas metode silaba dalam meningkatkan keterampilan membaca pada peserta didik kelas 2 SD Negeri 6 Bangsri Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari 19 peserta didik masing-masing kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan melakukan pretest dan post test. Kemudian, analisis data dilakukan melalui SPSS versi 23 yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji hipotesis dan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimental sebesar 75 lebih besar daripada posttest kelas kontrol sebesar 64.2. Kemudian, nilai signifikansi pada uji independen T sebesar 0.000 lebih kecil daripada 0.05. Ini menunjukkan bahwa metode silaba dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Selain itu, nilai Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu 3.866 > 2.024. Ini mengindikasikan bahwa ada perbedaan signifikan pada keterampilan membaca siswa. Sementara itu, hasil uji regresi diperoleh nilai R sebesar 0.624. Ini menunjukkan adanya pengaruh variabel x dan y.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Silaba, Membaca Permulaan, Peserta didik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:47 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:47 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5399 |