ANALISIS INDEK KEPUASAAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA

ZUMAROH, 131110001009 (2016) ANALISIS INDEK KEPUASAAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131110000099_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
131110000099_Bab I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
131110000099_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
131110000099_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
131110000099_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
131110000099_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan publik dewasa ini masih banyak dijumpai kekurangan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan oleh masyarakat. Pengukuran IKM dalam memperbaiki pelayanan publik di lingkungan kantor Kecamatan Kembang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat agar memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat dalam lingkup wilayah kerjanya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung untuk mendapatkan pelayanan umum pada kantor Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, diperoleh sampel sebanyak 100 orang dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi perpustakaan dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai Permenpan No.16 Tahun 2014. Berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa nilai Indek Kepuasan Masyarakat 74,305. Berdasarkan nilai konversi, angka tersebut berada di antara 62,51 - 81,25 sehingga kategorisasi mutu pelayanan "B" dan Kinerja Unit Pelayanan adalah Baik. Nilai Rata-Rata (NRR) unsur pelayanan memiliki nilai tertinggi adalah unsur "Kemampuan petugas" (3.16), sedangkan unsur dengan nilai rata-rata terendah adalah unsur "Kecepatan pelayanan" (2.73). Hal ini dipengaruhi faktor pendukung berupa Sumber Daya Manusia yang memadahi, serta faktor penghambat berupa kurangnya sarana prasarana. Segenap jajaran Kantor Kecamatan Kembang disarankan meningkatkan pelayanan melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unsur kecepatan pelayanan harus menjadi perhatian, karena berada di bawah rata-rata dan perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Anna Widiastuti,S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Indek Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 651 Kualitas Layanan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:22
Last Modified: 03 Jan 2023 02:22
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item View Item