STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN ANGGOTA SIRELA DI KSPPS BMT AL-HIKMAH SEMESTA CABANG MLONGGO

NAYLA ROISATIN NAFIAH, 171420000219 (2021) STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN ANGGOTA SIRELA DI KSPPS BMT AL-HIKMAH SEMESTA CABANG MLONGGO. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171420000219_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000219_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000219_BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000219_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000219_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000219_BAB V.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000219_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000219_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini memilki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing funding pada produk sirela dalam meningkatkan dan mempertahankan jumlah anggota dan portofolio anggota pada KSPPS BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dalam meningkatkan jumlah anggota dan portofolio, meliputi: Strategi product yaitu memaksimalkan pemasaran dengan pedagang di pasar Mlonggo dan sekitarnya. Strategi price, pada sirela tidak terdapat biaya administrasi, strategi promotion yang dilakukan marketing yaitu mengunggah pamflet dimedsos, menyebar brosur, dan melakukan pendekatan terhadap masyarakat. Strategi place lokasi strategis untuk para pedagang pasar Mlonggo. Strategi people, karyawan melakukan pelatihan yang diadakan BMT untuk mengembangkan pengetahun. Strategi process, Jemput bola dan mendatangi secara langsung ke kantor. Dan physical evidence, memiliki gedung bagus, bersih, menyediakan kursi tunggu nyaman, ruangan berAC, dan tempat parkir.
Strategi marketing mix pada produk sirela dalam mempertahankan jumlah anggota dan portofolio anggota juga menggunakan 7P, yaitu Strategi product, pelayanan dengan jemput bola, lalu terdapat pelayanan aplikasi payBMT. Strategi price meniadakan administrasi pada produk sirela. Strategi promosi pihak BMT mengadakan undian berupa hadiah menarik setiap setahun sekali. Strategi place, memiliki lokasi strategis yang memudahkan karyawan dan anggota saat datang ke kantor. Strategi people, memberikan pelayanan dengan baik dan ramah, diwajibkan melakukan 3S (senyum, sapa, salam). Sedangkan strategi process, yaitu mempermudah penyetoran dan penarikan pada produk sirela, menepati janji untuk meningkatkan kepercayaan anggota kepada pihak BMT. Dan strategi physical evidence BMT memberikan pelayanan fasilitas area parkir dengan tidak dipungut biaya parkir, kenyamanan ruang tunggu berAC dan kursi tunggu yang nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Faiqul Hazmi, S.E.I, M.E.Sy Pembimbing II : Zahrotun Nafisah, Lc., M.H.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, Marketing Mix, Sirela.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:52
Last Modified: 28 Dec 2021 02:52
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item