Search for collections on Publications

KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Analisis Di Kelas V MI Tamrinussibyan Tengguli 01 dan MI Tamrinussibyan Tengguli 02 Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/ 2019)

AYU NOR OKTAVIANI, 151310003355 (2020) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Analisis Di Kelas V MI Tamrinussibyan Tengguli 01 dan MI Tamrinussibyan Tengguli 02 Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/ 2019). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 151310003355_ COVER.pdf]
Preview
Text
1. 151310003355_ COVER.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of 2. 151310003355_ BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 151310003355_ BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 3. 151310003355_ BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 151310003355_ BAB II.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 4. 151310003355_ BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 151310003355_ BAB III.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 5. 151310003355_ BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 151310003355_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 6. 151310003355_ BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 151310003355_ BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. 151310003355_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 151310003355_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 7. 151310003355_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 151310003355_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 8. 151310003355_ LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 151310003355_ LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran fiqih di kelas V MI Tamrinussibyan Tengguli 01 dan MI Tamrinussibyan Tengguli 02 Bangsri Jepara. 2) Pendukung dan penghambat model pembelajaran fiqih di kelas V MI Tamrinussibyan 01 dan MI Tamrinussibyan Tengguli 02 Bangsri Jepara. 3) Persamaan dan Perbedaan model pembelajaran fiqih di kelas v MI Tamrinussibyan Tengguli 01 Bangsri Jepara dan MI Tamrinussibyan Tengguli 02 Bangsri Jepara.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi- informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara fokus penelitian yang ada. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru fiqih,siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Pendukung model pembelajaran fiqih di kelas V MI Tamrinussibyan Tengguli 01 dan 02 Bangsri Jepara meliputi Kepala sekolah, buku ajar, sarana prasarana sekolah,serta media pembelajaran.

Penghambat model pembelajaran fiqih dikelas V MI Tamrinussibyan Tengguli 01adalah terlambatnya guru masuk kelas, sedangkan di MI Tamrinussibyan Tengguli 02 adalah guru yang kurang menguasai elektronik dan sarana prasarana yang yang belum ada di sekolah.

Persamaan model pembelajaran fiqih kelas V MI Tamrinussibyan Tengguli 01 dan 02 Bangsri Jepara adalah cara mengajarnya yang sama dan menggunakan kurikulum 2013. Adapun perbedaan diantara kedua sekolahan tersebut adalah model pembelajaran fiqih di kelas V MI Tamrinussibyan Tengguli 01 Bangsri Jepara yang menggunakan model pembelajaran aktif (Kooperatif Learning) sedangkan MI Tamrinussibyan Tengguli 02 Bangsri Jepara menggunakan model pembelajaran Konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Fiqih
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:10
Last Modified: 17 Dec 2021 03:10
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item
View Item