RISKA FITRI LUTHFIANISA, 151310003442 (2020) METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MA ZUMROTUL WILDAN NGABUL TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003442_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003442_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003442_BAB II.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
151310003442_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003442_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003442_BAB V.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
151310003442_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003442_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui implementasi metode pembiasaan tadarus al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. (2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan metode pembiasaan tadarus al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif karena pada metode ini mengungkap data-data yang tidak bisa diukur dengan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan siswa MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi kegiatan pembiasaan tadarus al-Qur’an di MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara adalah salah satu bentuk penerapan aktivitas keagamaan yang bersifat rutin, dilaksanakan setiap pagi dengan tujuan agar siswa dapat terbiasa dalam membaca al-Qur’an. Bentuk kegiatan pembiasaan tadarus al Qur’an dapat dipetakan menjadi 4 bentuk. Pertama, kegiatan pembiasaan tadarus al Qur’an setiap pagi dengan model klasikal dari hari Sabtu sampai Rabu. Kedua, kegiatan pembiasaan khotmil Qur’an setiap hari Kamis pagi dengan model klasikal. Ketiga, kegiatan pembiasaan yasinan dan tahlil dengan model klasikal setiap hari Kamis di akhir jam pelajaran. Keempat, kegiatan pembiasaan setoran hafalan kepada wali kelas masing-masing di hari Kamis dengan model penugasan. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan tadarus al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara yaitu: Pertama, faktor pendukung meliputi, semangat peserta didik dalam mengikuti tadarus al-Qur’an, dan dedikasi dari seluruh pihak madrasah. Kedua, faktor penghambat meliputi, kurangnya perhatian orang tua, keterbatasan alokasi waktu , dan pengaruh intensitas penggunaan media sosial oleh siswa yang berlebihan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Azzah Nor Laila, S. Th. I., M. S. I. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Kemampuan Membaca |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:10 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/987 |