ULFA ARI YANTI, 151310003400 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AYAT AL-QUR’AN SANTRI TPQ ROUDHOTUL MUJAWWIDIN NGABUL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 151310003400_ COVER.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
2. 151310003400_ BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
4. 151310003400_ BAB III.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. 151310003400_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
6. 151310003400_ BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. 151310003400_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
8. 151310003400_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan santri dalam membaca dan menulis ayat al-Quran di TPQ. Pertama, aspek input. Meliputi perkembangan dan pengetahuan santri yang beraneka ragam. Kedua, aspek pendidik. Meliputi penguasaan dan pengembangan materi ustadzah yang cenderung monoton dan seadanya. Ketiga, aspek proses pembelajaran. Meliputi pengelolaan kelas, metode mengajar yang kurang optimal, dan cenderung menggunakan metode ceramah. Keempat, aspek sistem evaluasi. Guru hanya mengajar pada ranah kognitif saja sehingga belum menyentuh ranah afektif dan psikomotor. Permasalahan lain tentang kemampuan membaca dan menulis ayat al-Qur’an yaitu keaktifan santri pada saat pembelajaran masih rendah, masih banyak santri yang belum lancar membaca dan menulis ayat al-Qur’an, serta pengucapan dan penulisan masih kurang tepat. Hal ini menunjukkan bahwa anak yang mampu membaca al-Qur’an dengan baik belum tentu mampu menulis al-Qur’an dengan baik.
Metode penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yaitu menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel penelitian ini ada dua yaitu kemampuan membaca al-Quran santri dan kemampuan menulis ayat al-Qur’an. Penelitian dilakukan di kelas ghorib yang berjumlah 20 orang. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa tes lisan untuk kemampuan membaca al-Qur’an dan tes tulis untuk kemampuan menulis ayat al-Qur’an. Kemudian mengolah data yang telah di dapat dengan menggunakan SPSS analisis regresi linier sederhana, sehingga dapat diketahui hasil dari penelitian ini.
Rata-rata (mean) nilai hasil tes lisan kemampuan membaca al-Qur’an sebesar 83,20 dan data hasil kemampuan menulis ayat al-Qur’an sebesar 90,10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan membaca terhadap kemampuan menulis ayat al-Qur’an santri TPQ Roudhotul Mujawwidin. Dari hasil analisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dengan cara penentuan dengan nilai signifikansi yaitu Ho ditolak (sig < 0,05 ) berarti berpengaruh, bila Ho diterima (sig > 0,05) berarti tidak ada pengaruh. Nilai tes dari hasil tabel adalah 7,124 besarnya signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap kemampuan menulis ayat al-Qur’an santri TPQ Roudhotul Mujawwidin Ngabul Tahunan Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Azzah Nor Laila, S.Th.I., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Kemampuan Menulis Ayat Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:10 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/986 |