MUHAMMAD SYAIFUL MUJIB, 151310003412 (2020) KONSEP TAWAKKAL DALAM MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF AZ ZARNUJI ( Studi Analisis Kitab Ta’lim Al Muta’allim). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003412_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003412_BAB I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003412_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
151310003412_BAB III.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
151310003412_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003412_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003412_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003412_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003412_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk memaparkan tentang pengertian tawakkal dalam menuntut ilmu, (2) Untuk mengetahui konsep tawakkal dalam menuntut ilmu dalam pemikiran Az Zarnuji pada kitab Ta’lim Al Muta’allim, (3) Untuk mengetahui implementasi konsep tawakkal dalam menuntut ilmu perspektif Az Zarnuji dalam lingkup sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber Data primernya diperoleh dari bahan utama yang menjadi referensi pokok yakni kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Az-Zarnuji. Sumber data sekunder berasal dari bahan-bahan pustaka berupa buku-buku, transkip, karya ilmiah, jurnal, internet dan sebagainya yang membahas tentang konsep tawakkal dalam menuntut ilmu. Dalam penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, maka teknik pengumpulan data dilakukan peneliti antara lain adalah dengan mengumpulkan buku-buku, jurnal, artikel, dan lain sebagainya.
Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: Konsep tawakkal dalam menuntut ilmu merupakan sebuah rancangan aktifitas yang dilakukan seseorang dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT secara mutlak, baik perbuatan dan perkataan untuk memperoleh pengetahuan secara maksimal setelah ikhtiar dan disertai dengan do’a kepada-Nya. Ada empat hal yang dimaksudkan oleh syekh Az Zarnuji, dalam Terjemah Ta’limul Muta’allim Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan karya Aliy As’ad. Mengatakan: Pelajar harus bersikap tawakkal dalam menuntut ilmu diantaranya: Pertama, Tidak Terpengaruh Rizki. Pelajar dituntut untuk tidak mengotori hati dengan urusan rizki, karena Allah SWT telah menurunkan banyak rizki pada hambanya dengan bentuk yang berbeda-beda. Ketika hati pelajar telah terkontaminasi dengan urusan rizki maka hatinyapun digrogoti oleh hawa nafsu. Kedua, Tidak Tengaruh Urusan Duniawi. pelajar juga harus meminimalkan aktifitas duniawiyah sesuai kemampuannya, karena itu banyak para pelajar yang menyukai ghurbah (mengisolasi diri), dengan tidak terpengaruh dengan teknologi yang bersifat negatif sehingga tidak mudah bermalas-malasan dalam menggali ilmu pengertahuan. Ketiga, Hidup Prihatin, Dalam merantau mencari ilmu atau study tour tidak pernah lepas dari kesulitan, sebab menurut beberapa ulama’ disebutkan bahwa mencari ilmu memang sesuatu yang agung dan lebih agung dari pada perang. Keempat, Ilmu Minded, Penuntut ilmu dituntut untuk menuntut ilmu sesuai minat dan bakat yang dimiliki sehingga mampu terintegrasi dan linier dengan pengetahuannya dengan tidak meninggalkan syari’at Agama Islam yaitu pengetahuan tentang fikih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Ahmad Ali Munir, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Ta’lim Al Muta’allim, Menuntut Ilmu, Tawakkal. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:38 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:38 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/982 |