JAMAL HADI SANTOSO, 141310003219 (2020) KONSEP PENDIDIKAN KARAKATER INTEGRALISTIK (Studi Analisis Terhadap Buku Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Karya Dr. ZUBAEDI, M.Ag., M.Pd.). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003219_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
141310003219_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003219_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003219_BAB III.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003219_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003219_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003219_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi. 2) untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi dengan pendidikan saat ini.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dimana penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber yang ada yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk itu, , untuk itu penulis menggunakan pendekatan deskriptif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode content analysis yaitu suatu teknik yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen tertulis. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang dimaksud untuk membuka pesan yang terkandung dalam bahasa tentang pendidikan Karakteryang diungkapkan oleh Dr. Zubaedi.
Hasil analisa, menunjukan bahwa konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr, Zubaedi merupakan konsep pendidikan yang mencakup pembelajaran sosial dan emosional, pengembangan pengetahuan atau penalaran moral, pendidikan keterampilan hidup, pendidikan kesehatan, pencegahan, kekerasan, pemikiran kritis, penalaran etika, resolusi, dan mediasi konflik. Semua saling terhubung satu sama lain (terintegrasi). Relevansi konsep pendidikan karakter integralistik dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd. yaitu pendapat Zubaedi tentang pendidikan karakter terdapat 6 pilar pendidikan karakter yang relevan dengan konsep pendidikan karakter integralistik yaitu: kepercayaan, respek, tanggung jawab, keadilan, peduli dan kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. AHMAD ALI MUNIR, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:34 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:34 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/978 |