RIADOTUS SUBHA, 151310003417 (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI MATHALIUL ULUM BANJARAGUNG BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 151310003417_ COVER.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
2. 151310003417_ BAB I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. 151310003417_ BAB II.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. 151310003417_ BAB III.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
5. 151310003417_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. 151310003417_ BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. 151310003417_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
8. 151310003417_ LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan metode talking stick dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhak di MI Mathaliul Ulum Banjaragung Bangsri Tahun Pelajaran 2019/2020. Manfaat praktis dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh besar suatu metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 54 siswa, kelas eksperimen berjumlah 27 siswa, kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design”. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dokumentasi. Sedangkan analisis data meggunakan rumus statistik inferensial uji-t dan program SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode talking stick yaitu 85,740 lebih besar dari rata-rata kelas kontrol yang menggunakan kelas ceramah yaitu 82,296. Dari pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,032 < 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Yang artinya ada perbedaan. Sedangkan thitung = 2, 198 sedangkan t tabel = 2, 000 dengan df 52, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa`idah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 07:15 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 07:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/973 |