Search for collections on Publications

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI MATHALIUL ULUM BANJARAGUNG BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RIADOTUS SUBHA, 151310003417 (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI MATHALIUL ULUM BANJARAGUNG BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 151310003417_ COVER.pdf]
Preview
Text
1. 151310003417_ COVER.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of 2. 151310003417_ BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 151310003417_ BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 3. 151310003417_ BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 151310003417_ BAB II.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. 151310003417_ BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 151310003417_ BAB III.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 5. 151310003417_ BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 151310003417_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6. 151310003417_ BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 151310003417_ BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 7. 151310003417_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 151310003417_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 8. 151310003417_ LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 151310003417_ LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan metode talking stick dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhak di MI Mathaliul Ulum Banjaragung Bangsri Tahun Pelajaran 2019/2020. Manfaat praktis dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh besar suatu metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 54 siswa, kelas eksperimen berjumlah 27 siswa, kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design”. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dokumentasi. Sedangkan analisis data meggunakan rumus statistik inferensial uji-t dan program SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode talking stick yaitu 85,740 lebih besar dari rata-rata kelas kontrol yang menggunakan kelas ceramah yaitu 82,296. Dari pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,032 < 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Yang artinya ada perbedaan. Sedangkan thitung = 2, 198 sedangkan t tabel = 2, 000 dengan df 52, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa`idah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:15
Last Modified: 16 Dec 2021 07:15
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item
View Item