CHARIS NOVITA, 151310003521 (2020) STUDI ANALISIS PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Tematik Ayat-ayat Tentang Mendidik Anak Dalam Kandungan). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003521_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003521_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003521_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003521_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003521_BAB IV.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
151310003521_BAB V.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
151310003521_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003521_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kandungan ayat-ayat al-Qur’an tentang mendidik anak dalam kandungan. (2) Untuk mengetahui konsep pendidikan prenatal dalam perspektif ayat al-Qur’an.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah maudhu’i, yaitu mengumpulkan ayat-ayat al-Qur’an yang memiliki tema pendidikan prenatal. Untuk mengumpulkan data atau ayat al-Qur’an tentang pendidikan prenatal, peneliti menggunakan kata kunci penciptaan, janin, kandungan, lafal خلق dan قوم(menggambarkan kesempurnaan objek dan menunjukan proses penciptaan), اهل (keluarga), dan lafal ذرّية (keturunan).
Ayat-ayat al-Qur’an yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode tahlili dan muqarrin. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Ayat-ayat al-Qur’an tentang mendidik anak dalam kandungan yang dikumpulkan peneliti berjumlah tujuh ayat. Diantaranya ayat-ayat yang memiliki tema pembahasan fase prenatal, yaitu al-Mukminun: 12-14, al-Hajj: 5, dan az-Zumar :6. Kemudian ayat yang memiliki tema pembahasan dasar pendidikan prenatal, yaitu at-Tahrim: 6 dan at-Tin: 4. Selanjutnya ayat yang memiliki tema pembahasan tentang usaha pendidikan prenatal, yaitu al- Furqan: 74 dan Ali-Imran: 35-38. (2) Konsep pendidikan prenatal dalam perspektif ayat-ayat al-Qur’an pada hakikatnya dimulai sejak pembentukan janin di dalam rahim ibu. Oleh karena itu, penting kiranya mengetahui proses atau tahap penciptaan manusia. Yang dalam al-Qur’an telah dijelaskan bahwa manusia diciptakan melalui proses-proses, yaitu mulai dari nuthfah, ‘alaqah, mudhghatan, ‘idzaman, lahman, dan khalqan akhar. Kemudian mendidik anak dalam kandungan merupakan kewajiban kedua orang tua. Hal ini dilandasi karena setiap manusia diperintahkan agar dapat menjaga dirinya dan keluarganya dari api neraka. Dan sebagai orang tua upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan. Bentuk atau usaha pendidikan anak dalam kandungan dapat dilakukan orang tua adalah dengan beberapa metode. Diantaranya metode do’a, metode mengikutsertakan dengan ucapan, metode ibadah, metode bercerita, dan metode membaca al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Azzah Nor Laila, S.Th., M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Prenatal, Al-Qur’an, Kajian Tematik, Ayat-Ayat Mendidik Anak, Kandungan |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 07:02 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 07:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/967 |