MUNAWAROTUS SA’DIYAH, 151310003351 (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN METODE TALAQQI DI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003351_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003351_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003351_BAB II.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
151310003351_BAB III.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003351_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003351_BAB V.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
151310003351_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003351_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan metode Talaqqi di pondok pesantren Al Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan metode Talaqqi di pondok pesantren Al Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana dalam analisis data tidak menggunakan numerik/angka melainkan dengan pemaparan data secara deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendiskripsikan kejadian serta hal-hal yang terjadi pada kegiatan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan metode Talaqqi di pondok pesantren Al Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan metode Talaqqi di pondok pesantren Al Hidayah Purwogondo dilaksanakan setiap hari sabtu sampai kamis dengan pembelajarannya yaitu santri maju menyetorkan hafalannya dihadapan guru tahfidz, jika terjadi kesalahan langsung dibenarkan agar mengetahui letak kesalahannya. Evaluasi di pondok pesantren yaitu evaluasi harian yang dilaksanakan setiap kali setoran hafalan dan evaluasi akhir yaitu ketika hafalannya sudah khatam 30 Juz.
Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an diantaranya: niat santri, dukungan orang tua, pemilihan waktu yang tepat, dan kondisi fisik dan psikis santri yang baik. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan metode talaqqi diantaranya: timbulnya sifat malas dan bosan pada diri santri dan sering lupa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Ana Rahmawati, Lc., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an, Metode Talaqqi |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:15 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/910 |