ADIK WAHYU PUTRANTO, 131310001006 (2020) ANALISIS EVALUASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS V SD NEGERI 02 KRASAK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 131310001006_COVER.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
2. 131310001006_BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. 131310001006_BAB II.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. 131310001006_BAB III.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. 131310001006_BAB IV.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
6. 131310001006_BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. 131310001006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. 131310001006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 02 Krasak Bangsri Jepara. 2. Evaluasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 02 Krasak Bangsri Jepara. 3. Faktor yang menghambat dan mendukung evaluasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 02 Krasak Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenahi keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variabel-variabel yang ada.
Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru PAI, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Pembelajaran PAI di kelas V SD Negeri 02 Krasak Bangsri Jepara adalah pembuatan prota, promes, RPP dan silabus, memilih pendekatan dan metode pembelajaran, membuat soal-soal dan kisi-kisi dalam mengadakan evaluasi pembelajaran. 2. Evaluasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 02 Krasak Bangsri Jepara berbentuk tes dan non tes. Bentuk tes meliputi: tes tertulis, lisan, dan praktek, sedangkan bentuk non tes meliputi portofolio. Evaluasi belajar PAI dilaksanakan pada tes harian, ulangan tengah semester (UTS), dan ulangan akhir semester (UAS). 3. Faktor yang mendukung dan menghambat evaluasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 02 Krasak Bangsri Jepara terdiri dari pertama faktor pendukung meliputi dari kepala sekolah, kreativitas guru, kesiapan siswa, dan sumber belajar. Kedua, faktor yang penghambat meliputi: pertama, persiapan guru. Kedua siswa, kurang siapnya siswa menguasai materi pelajaran dan kurang respon siswa dalam tes. Ketiga, efektifitas waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq Alkam, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 02:42 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 02:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/903 |