JOKO WAHYONO, 192610000714 (2021) PEMBENTUKAN KARAKER MANDIRI MELALUI KEGIATAN PRAMUKA PADA MAN 2 JEPARA TAHUN PELEJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
192610000714_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
192610000714_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
192610000714_BAB II.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
192610000714_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
192610000714_BAB IV.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
192610000714_BAB V.pdf - Published Version
Download (922kB) | Preview
192610000714_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
192610000714_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pembentukan karakter mandiri melalui kegiatan pramuka pada MAN 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter mandiri melalui kegiatan pramuka pada MAN 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Mendeskripsikan hasil pembentukan karakter kegiatan pramuka pada MAN 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Dengan penelitian kualitatif deskriptif ini, peneliti berusaha mengungkap Pembentukan Karaker Mandiri melalui Kegiatan Pramuka pada MAN 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Pembentukan karakter kemandirian Melalui kegiatan Pramuka di MAN 2 Jepara. dari hasil penelitian kegiatan Pramuka tersebut adalah bagian dari salah satu ekstrakurikuler yang merupakan wadah bagi siswa untuk upaya pembentukan sikap kemandirian belajar yang tidak didapatkan dibangku pelajaran. Kegiatan Pramuka meliputi, kegiatan latihan rutin, pelaksaanaan perkemahan, hiking 2) Faktor pendukung kegiatan pramuka dalam membentuk karakter mandiri dukungan dari pihak madrasah, keterampilan dan kemampuan dari Pembina pramuka yang baik, minat mahasiswa yang tekun, serta dukungan dari orang tua. faktor penghambat yaitu keterbatasan anggaran dana untuk kegiatan pramuka khususnya perkemahan, kurangnya Pembina pramuka yang dimiliki MAN 2 Jepara, minat dan ketertarikan yang rendah pada sebagian siswa, dan waktu yang padat. 3) Signifikansi kegiatan pramuka dalam membentuk karakter mandiri siswa di MAN 2 Jepara adalah 1) Kegiatan latihan rutin pramuka sangat berperan dalam mewujudkan pendidikan karakter mandiri dikarenakan intensitas waktu yang cukup lama dan rutin dilaksanakan setiap minggunya sehingga kegiatan latihan rutin dapat dijadikan sebagai kegiatan yang dapat dilihat progressnya dari setiap pertemuan. 2) Gerakan Pramuka dengan kode kehormatannya satya dan dharma Pramuka dapat menjadi membentuk nilai nilai karakter positif pada siswa agar mampu menempatkan pribadinya sebagai insan Indonesia yang seutuhnya. Kode kehormatan Pramuka dapat menjadi satu aturan yang wajib dipatuhi bagi anggota Pramuka sehingga dalam perbuatan dan tindakan mencerminkan pribadi Pramuka yang memiliki nilai-nilai luhur dalam kehidupannya. Anggota Pramuka yang benar-benar memahami dan mematuhi kode kehormatan Pramuka dapat mengaplikasikan aturan –aturan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Anggota Pramuka dididik untuk mampu menjadi individu mandiri dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa'dullah Assa'idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Pramuka, Karakter Mandiri |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 07:46 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 07:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/893 |