ARUM WIDATI, 151130001520 (2020) ANALISA ETIKA PEMASARAN SYARIAH PADA BMT MITRA MUAMALAH JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151130001520_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151130001520_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151130001520_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151130001520_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151130001520_BAB IV.pdf - Published Version
Download (23MB) | Preview
151130001520_BAB V.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
151130001520_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
151130001520_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
Abstract
Masalah etika merupakan salah satu fondasi yang harus diciptakan dan dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Etika pada dasarnya adalah standar atau moral yang menyangkut benar-salah, baik-buruk. Dalam bahasa, etika berusaha menggugah kesadaran manusia untuk bertindak secara otonom dan bukan secara heteronom. Etika merupakan hal yang penting dalam pemasaran. Etika dipahami sebagai akhlak atau adab yang bertujuan untuk mendidik moralitas manusia. Sedangkan etika pemasaran Islam adalah prinsip-prinsip syariah marketer yang menjalankan fungsi-fungsi pemasaran secara Islam. Etika pemasaran islam menjadi penting bagi para tenaga pemasar untuk melakukan penetrasi pasar agar lembaga keuangan dapat terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisa Etika Pemasaran Syariah pada BMT Mitra Muamalah Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini ada 7 informan. Data dikumpulkan dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu menelaah seluruh data, reduksi data dan menyusun data hasil reduksi.Hasil penelitian menunjukan bahwa BMT Mitra Muamalah sudah menerapkan 9 etika pemasaran Islam yang terdiri dari Memiliki Kepribadian Spiritual (Taqwa), berkepridian baik dan simpatik (shiddiq), berlaku adil dalam berbisnis (al’adl), melayani nasabah dengan rendah hati (khidmah), selalu menepati janji dan tidak curang (tahfit), jujur dan terpercaya (al amanah), tidak suka menjelek-jelekan (ghibah), tidak suka berburuk sangka (su’udzon), tidak melakukan suap (risywah). Namun dalam pelaksanaannya terdapat ketidak sesuaian antara praktik dengan ketentuan yang sudah di tetapkan yaitu pada etika tidak suka berburuk sangka (su’udzon) dan tidak melakukan suap (risywah).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Zainul Anwar, S.H.I., M.E.Sy. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 04:35 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 04:35 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/832 |