Search for collections on Publications

ANALISA ETIKA PEMASARAN SYARIAH PADA BMT MITRA MUAMALAH JEPARA

ARUM WIDATI, 151130001520 (2020) ANALISA ETIKA PEMASARAN SYARIAH PADA BMT MITRA MUAMALAH JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 151130001520_COVER.pdf]
Preview
Text
151130001520_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151130001520_BAB I.pdf]
Preview
Text
151130001520_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151130001520_BAB II.pdf]
Preview
Text
151130001520_BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151130001520_BAB III.pdf]
Preview
Text
151130001520_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151130001520_BAB IV.pdf]
Preview
Text
151130001520_BAB IV.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[thumbnail of 151130001520_BAB V.pdf]
Preview
Text
151130001520_BAB V.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of 151130001520_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151130001520_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 151130001520_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
151130001520_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview

Abstract

Masalah etika merupakan salah satu fondasi yang harus diciptakan dan dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Etika pada dasarnya adalah standar atau moral yang menyangkut benar-salah, baik-buruk. Dalam bahasa, etika berusaha menggugah kesadaran manusia untuk bertindak secara otonom dan bukan secara heteronom. Etika merupakan hal yang penting dalam pemasaran. Etika dipahami sebagai akhlak atau adab yang bertujuan untuk mendidik moralitas manusia. Sedangkan etika pemasaran Islam adalah prinsip-prinsip syariah marketer yang menjalankan fungsi-fungsi pemasaran secara Islam. Etika pemasaran islam menjadi penting bagi para tenaga pemasar untuk melakukan penetrasi pasar agar lembaga keuangan dapat terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisa Etika Pemasaran Syariah pada BMT Mitra Muamalah Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini ada 7 informan. Data dikumpulkan dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu menelaah seluruh data, reduksi data dan menyusun data hasil reduksi.Hasil penelitian menunjukan bahwa BMT Mitra Muamalah sudah menerapkan 9 etika pemasaran Islam yang terdiri dari Memiliki Kepribadian Spiritual (Taqwa), berkepridian baik dan simpatik (shiddiq), berlaku adil dalam berbisnis (al’adl), melayani nasabah dengan rendah hati (khidmah), selalu menepati janji dan tidak curang (tahfit), jujur dan terpercaya (al amanah), tidak suka menjelek-jelekan (ghibah), tidak suka berburuk sangka (su’udzon), tidak melakukan suap (risywah). Namun dalam pelaksanaannya terdapat ketidak sesuaian antara praktik dengan ketentuan yang sudah di tetapkan yaitu pada etika tidak suka berburuk sangka (su’udzon) dan tidak melakukan suap (risywah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Zainul Anwar, S.H.I., M.E.Sy.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:35
Last Modified: 06 Dec 2021 04:35
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item
View Item