NADHIFATUL UMYANAH, 161310003670 (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS XI DI MA AMTSILATI BANGSRI. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 161310003670_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 161310003670_BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. 161310003670_BAB II.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. 161310003670_BAB III.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5. 161310003670_BAB IV.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
6. 161310003670_BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7. 161310003670_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. 161310003670_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan persepsi siswa dan kompetensi profesional guru kelas XI di MA Amtsilati Bangsri.(2) Mendeskripsikan pengaruh persepsi siswa dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar fiqih kelas XI di MA Amtsilati Bangsri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel persepsi siswa sebagai variabel bebas pertama (atau variabel X1), kompetensi profesional guru sebagai variabel bebas kedua (variabel X2) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (variabel Y). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang dengan menggunakan teknik random sampling.
Uji analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji analisis regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan: (1) Persepsi siswa kelas XI MA Amtsilati Bangsri adalah baik, dibuktikan dari rata-rata skor hasil angket sebesar 81,85 berarti berada pada kategori baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 74-82. Kompetensi profesional guru kelas XI MA Amtsilati Bangsri adalah baik, dibuktikan dari rata-rata skor hasil angket sebesar 82,58 berarti berada pada kategori baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 83-88. (2) Secara simultan ada pengaruh positif yang signifikan persepsi siswa dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar fiqih kelas XI di MA Amtsilati Bangsri. Berdasarkan analisis statistik dengan rumus regresi ganda menunjukkan taraf signifikansi pada taraf 5% maupun 1% di mana besarnya F yaitu 86,291 kemudian dibandingkan dengan F . Untuk taraf signifikan 1% = 4,30 dan untuk taraf signifikansi 5% = 3,34. Jadi Freg > F tabel. Maka Ho ditolak berarti ada pengaruh persepsi siswa dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar. Selain itu ditemukan pula R Square sebesar 96,2% yang berarti persepsi siswa dan kompetensi profesional guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar.
Oleh karena itu, manfaat dalam penelitian ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kompetensi profesional guru dengan memperhatikan faktok-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Harapan penulis dalam penelitian ini guru mampu menjalankan tugas dan kewajibannya utamanya mengajar serta menguasai indikator kompetensi profesional guru sehingga mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa`idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:02 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/744 |