PUTRI LAILATUS SYARIFAH, 161310003683 (2021) PENERAPAN KARAKTER TOLONG MENOLONG (TA’AWUN) PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SMA NEGERI TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 161310003683 _ HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
2. 161310003683 _ BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. 161310003683 _ BAB II.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
4. 161310003683 _ BAB III.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
5. 161310003683 _ BAB IV.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. 161310003683 _ BAB V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
7. 161310003683 _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8. 161310003683 _ LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui bentuk-bentuk karakter tolong menolong (TA’AWUN) yang muncul melalui program ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penerapan karakter tolong menolong (TA’AWUN) peserta didik melalui program ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, angket. Dengan menggunakan teknik dan sumber. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah, pembina dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMA N 1 Tahunan Jepara, dan sumber sekunder yang berupa buku terkait kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu Penerapan Karakter Tolong Menolong (TA’AWUN) Peserta Didik sebagai variabel pengaruh (variabel X) dan Program Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMA Negeri Tahunan Jepara sebagai variabel terpengaruh (variabel Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) bentuk-bentuk karakter tolong menolong (ta‟awun) siswa yang muncul yaitu, peduli sosial, kerjasama, gotong royong dan tanggung jawab. (2) cara yang ditempuh dalam penguatan karakter tolong menolong (ta‟awun) siswa melalui kegiatan PMR di SMA N 1 Tahunan yaitu di laksanakan dengan cara diajarkan, dibiasakan, di latih konsisten, menjadi kebiasaan, menjadi karakter dan akan menjadi budaya. (3) Faktor pendukung dalam kegiatan PMR yaitu PMR sangat dibutuhkan di Sekolah, semangatnya para anggota PMR, adanya kerjasama dan kekompakan anggota PMR dan keinginan untuk selalu hidup sehat. Adapun faktor penghambat dalam kegiatan PMR yaitu: terbatasnya dana, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya anggota PMR, dan kurang efektifnya waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Karakter Tolong Menolong, Program Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 02:22 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 02:22 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/702 |