SUPARNO, 182610000610 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PATI TAHUN. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000610_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000610_BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. 182610000610_BAB II.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
4. 182610000610_BAB III.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. 182610000610_BAB IV.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
6. 182610000610_BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. 182610000610_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8. 182610000610_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Peneliti berusaha mengungkap pelaksanaan manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran melalui program semesteran, program rencana pembelajaran yang mengacu pada kalender pendidikan; Pengorganisasian pembelajaran melalui mengkaitkan antara materi dengan sumber belajar dan media; Pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan memberikan motivasi kepada peserta didik, mewadahi, menginspirasi, menguatkan, menggunakan metode, dan media pembelajaran; Memberikan penghargaan dan sanksi atas apa yang telah dilakukan peserta didik dalam hal kedisiplinan, memberikan pemahaman konsekuensi dari perilaku yang dilakukan oleh peserta didik, dan memberikan contoh kepada peserta didik untuk bersikap disiplin di sekolah; Evaluasi dilakukan dengan pretest, ulangan harian, UTS, dan UAS. 2) Faktor penghambat dan pendukungnya adalah guru, orang tua, teman sebaya, dan lingkungan. Adapun faktor penghambatnya ialah masih pula terdapat beberapa guru yang belum dapat secara bersama-sama melaksanakannya. 3) Hasil Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 ialah a) Siswa dapat mengatur waktu belajar di rumah; b) Siswa lebih rajin dan teratur dalam belajar baik dalam sekolah maupun diluar sekolah; c) Perhatian yang baik saat belajar di kelas. d) Ketertiban diri saat belajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 03:36 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 03:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/621 |