Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KI AJI TUNGGAL KARANGAJI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJRAN 2019/2020

AKHMAD ANIQ YUNUS, 172610000387 (2020) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KI AJI TUNGGAL KARANGAJI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJRAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 172610000387_COVER.pdf]
Preview
Text
172610000387_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 172610000387_BAB I.pdf]
Preview
Text
172610000387_BAB I.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of 172610000387_BAB II.pdf]
Preview
Text
172610000387_BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 172610000387_BAB III.pdf]
Preview
Text
172610000387_BAB III.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of 172610000387_BAB IV.pdf]
Preview
Text
172610000387_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 172610000387_BAB V.pdf]
Preview
Text
172610000387_BAB V.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 172610000387_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
172610000387_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 172610000387_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
172610000387_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa mutu menjadi satu-satunya hal yang sangat penting dalam pendidikan. Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam pengelolaan lembaga pendidikan akan dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan dapat meningkatkan mutu secara berkesinambungan. Penerapan TQM di madrasah tidak terlepas bagaimana upaya kepala sekolah mampu mengendalikan mutu pengelolaan sekolah tersebut secara terpadu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Total Quality Management dalam meningkatkan mutu pendidikan dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ki Aji Tunggal Karangaji Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer bersumber: 1) Kepala Madrasah, 2) Guru dan Tenaga Kependidikan, 3) Siswa, dan 4) Orang Tua Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ki Aji Tunggal Karangaji Kedung Jepara. Sedangkan sumber sekunder berasal dari dokumen kegiatan mutu pendidikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik análisis data yang meliputi: 1) Reduksi Data (Data Reduction), 2) Penyajian Data (Data Display), dan 3) Verifikasi (Clonclusion Drawing). Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Total Quality Management dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ki Aji Tunggal Karangaji Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara: fokus pada pelanggan, obsesi yang tinggi terhadap kualitas, kerjasama tim (Team Work), perbaikan sistem secara terus-menerus, pelatihan dan pendidikan, adanya keterlibatan dan pemberdayaan guru dan staff. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Total Quality Management dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ki Aji Tunggal Karangaji Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara: a) faktor pendukung : sumber daya manusia guru dan karyawan yang komit terhadap perubahan kearah peningkatan mutu pendidikan, sarana dan prasarana yang memadai, dan yayasan yang selalu aktif memantau perkembangan madrasah serta memantau kinerja guru dan karyawan. b) faktor penghambat: kebersamaan sikap terhadap kualitas belum sepenuhnya ada dalam diri dan dijalankan oleh guru, perbedaan status sosial guru yang terkadang bisa menjadikan hubungan antara kepala madrasah dengan guru atau guru dengan guru yang lain menjadi terganggu. 3) Hasil peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi Total Quality Management, meliputi: mutu masukan (input), mutu proses (process), dan mutu hasil (output)

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management (TQM), Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.3 Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:30
Last Modified: 29 Nov 2021 03:31
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item
View Item