DURROTUL FAIZATUN NAFISAH, 162610000347 (2020) KONTRIBUSI KUALITAS MANAJEMEN KELAS DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SIKAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MTS. SE-KECAMATAN PAKIS AJI JEPARA. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
162610000347_COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
162610000347_BAB 1.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
162610000347_BAB II.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
162610000347_BAB III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
162610000347_BAB IV.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
162610000347_BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
162610000347_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
162610000347_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji dan menganalisis kontribusi kualitas manajemen kelas terhadap hasil belajar sikap mata pelajaran PAI pada MTs. se-Kecamatan Pakis Aji tahun pelajaran 2019/2020, 2) menguji dan menganalisis kontribusi minat membaca terhadap hasil belajar sikap mata pelajaran PAI pada MTs. se-Kecamatan Pakis Aji tahun pelajaran 2019/2020, 3) menguji dan menganalisis kontribusi kualitas manajemen kelas dan minat membaca secara bersama-sama terhadap hasil belajar sikap mata pelajaran PAI pada MTs. se-Kecamatan Pakis Aji tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PAI sebanyak 34 guru dan peserta didik sebanyak 1092 pada MTs. se-Kecamatan Pakis Aji tahun pelajaran 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan ada dua yaitu sampling total dan proportional random sampling. Sampling total ini digunakan untuk variabel X1 (kualitas manajemen kelas) dengan sampel sama dengan populasi guru PAI sebanyak 34 guru. Sedangkan proportional random sampling digunakan untuk variabel X2 (minat membaca) dan variabel Y (hasil belajar sikap) sebanyak 110 peserta didik pada MTs. se-Kecamatan Pakis Aji tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas angket menggunakan metode alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kualitas manajemen kelas memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar sikap sebesar 78,9% yang ditandai dengan thitung>ttabel (10,939>1,309) dan nilai signifikan<0,05 (0,000<0,05), hal ini mengindikasikan bahwa semakin meningkat kualitas manajemen kelas maka akan semakin meningkat hasil belajar sikap peserta didik; 2) minat membaca memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar sikap sebesar 79,7% yang ditandai dengan thitung>ttabel (20,588>1,289) dan nilai signifikan<0,05 (0,000<0,05), hal ini mengindikasikan bahwa semakin meningkat minat membaca maka akan semakin meningkat hasil belajar sikap peserta didik 3) kualitas manajemen kelas dan minat membaca secara bersama-sama memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar sikap sebesar 87,8% yang ditandai dengan Fhitung>Ftabel (111,450>3,08) dan nilai signifikan<0,05 (0,000<0,05), hal ini mengindikasikan bahwa semakin meningkat kualitas manajemen kelas dan minat membaca maka akan semakin meningkat hasil belajar sikap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Manajemen Kelas, Minat Membaca, Hasil Belajar Sikap |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 03:18 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 03:18 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/615 |