Search for collections on Publications

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF “SEPURAN” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN DI TK TARBIYATUL ATHFAL KECAPI TAHUNAN JEPARA

SEPTIKA NANDA MILDAYATI, 161340000027 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF “SEPURAN” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN DI TK TARBIYATUL ATHFAL KECAPI TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 161340000027_COVER.pdf]
Preview
Text
161340000027_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 161340000027_BAB I.pdf]
Preview
Text
161340000027_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 161340000027_BAB II.pdf]
Preview
Text
161340000027_BAB II.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 161340000027_BAB III.pdf]
Preview
Text
161340000027_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 161340000027_BAB IV.pdf]
Preview
Text
161340000027_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 161340000027_BAB V.pdf]
Preview
Text
161340000027_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 161340000027_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
161340000027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of 161340000027_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
161340000027_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan video interaktif “Sepuran” terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelas A TK Tarbiyatul Athfal Kecapi Tahunan Jepara. Selain itu untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelas A TK Tarbiyatul Athfal Kecapi Tahunan Jepara dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif “sepuran” terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelas A TK Tarbiyatul Athfal Kecapi Tahunan Jepara.
Dalam penelitian ini, peneliti mendasarkan pada penelitian berjenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif berarti menekankan analisis pada data numerikal atau angka yang diolah dengan metode statistika. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif sebagai metode pembelajaran khususnya video “Sepuran” terhadap capaian kemampuan mengenal konsep ukuran bagi siswa-siswi di TK Tarbiyatul Athfal Kecapi Tahunan Jepara.
Hasil skripsi ini menjelaskan tentang Konsep ukuran atau “Sepuran” dirancang secara khusus sebagai media belajar yang asik dan efekif. Media ini berisi tuntunan praktis secara tepat sasaran, disajikan lewat presentasi audio visual (gambar dan suara), yang didalamnya terdapat gambar-gambar yang berbentuk games, dengan games siswa akan lebih mudah tertarik dan memancing siswa untuk merespon apa yang mereka lihat
Menggunakan analisis dengan angka statistik, diperoleh data bahwa pada tingkat taraf signifikansi 5% diperoleh Freg = 61,866 sedangkan Ft = 41,337, Jadi Freg > Ft artinya Freg signifikan. Analisis pada taraf signifikansi 1% diperoleh Freg = 61,866 sedangkan Ft = 48,278, jadi Freg > Ft artinya Freg signifikan.
Hasil analisis lanjut di atas membuktikan bahwa baik dalam taraf signifikansi 1% dan signifikansi 5% keduanya menunjukkan adanya pengaruh dan kesesuaian antara penggunaan video interaktif “sepuran” terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelas A TK Tarbiyatul Athfal Kecapi Tahunan Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Khalimatus Sa’diyah,M.Pd Pembimbing II : Naili Rohmah,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Video Interaktif, Konsep Ukuran, TK Tarbiyatul Athfal.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.2 Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:37
Last Modified: 29 Nov 2021 04:37
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item
View Item