LAYLI ROHMAWATI, 151310003367 (2020) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS X MA AHDLATUL ULAMA UNGWATU DONOROJO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003367_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003367_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003367_BAB II.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
151310003367_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003367_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003367_BAB V.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
151310003367_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003367_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MA Nahdlatul Ulama Ujungwatu Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini ada 2 (dua), pertama yaitu penggunaan media audio visual sebagai variabel bebas, kedua hasil belajar sejarah kebudayaan Islam sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam ketika sebelum penerapan media audio visual (pre test) dan setelah penerapan media audio visual (post test). Populasinya adalah siswa kelas X IPA Nahdlatul Ulama Ujungwatu Jepara yang berjumlah 29 orang, karena populasi sedikit, maka tidak diambil sampel, semuanya menjadi responden..
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar pre test sebelum diterapkannya pembelajaran menggunakan media audio visual adalah sebesar 68. Sedangkan rata-rata hasil belajar post test setelah diterapkannya media audio visual dalam pembelajaran adalah sebesar 76.55. Selisih antara nilai pre test dan post test adalah -8.55. Hasil uji hipotesis dengan rumus paired samples t test pada program SPSS diketahui bahwa nilai sig. (2 tailed) adalah 0,00 < 0,005, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ada perbedaan rata-rata hasil belajar pre test dan post test yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan siswa kelas X MA Nahdlatul Ulama Ujungwatu tahun pelajaran 2019/2020. Penggunaan media audio visual berpengaruh secara efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas X IPA MA Nahdlatul Ulama Ujungwatu Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi secara teoritis sebagai bahan pertimbangan dan bahan kajian penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 07:47 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 07:47 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/594 |