MUHAMMAD SUKOCO, 182610000582 (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH BANDENGAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
![[thumbnail of 1. 182610000582_COVER.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. 182610000582_COVER.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 2. 182610000582_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 182610000582_BAB I.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 3. 182610000582_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 182610000582_BAB II.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of 4. 182610000582_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 182610000582_BAB III.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 5. 182610000582_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 182610000582_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (517kB)
![[thumbnail of 6. 182610000582_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 182610000582_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (162kB)
![[thumbnail of 7. 182610000582_DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. 182610000582_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 8. 182610000582_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 182610000582_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (974kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: a). Bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara Tahun pelajaran 2022/2023?, b). Bagaimana hasil peningkatan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara Tahun pelajaran 2022/2023?, c). Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik melalui manajemen sarana prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara Tahun pelajaran 2022/2023?.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik yang berlokasi di MI Islamiyah Bandengan Jepara dengan metode penelitian kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.
Hasil Penelitian ini adalah : Pertama manajemen sarana prasarana yang telah dilaksanakan di MI Islamiyah Bandengan adalah: a. Perencanaan sarana dan prasarana dengan cara menganalisis jenis kebutuhan yang dibutuhkan madrasah. Untuk mengadakan perencanaan kebutuhan alat pelajaran dilakukan sistem musyawarah antara kepala madrasah, bendahara dan seluruh dewan guru. b. Pelaksanaan manajemen sarana prasarana madrasah. Dalam pelaksanaan ini diwujudkan dengan penggunaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana. c. Pengorganisasian sarana prasarana dilakukan dengan memberikan tanggung jawab kepada personil untuk mengelola sarana prasarana, serta dilakukan pengadaan sarana prasarana. d. Evaluasi dilakukan oleh kepala madrasah setiap setiap akhir semester, dan akhir tahun dalam rapat bulanan. Secara umum aspek yang dinilai dalam kegiatan evaluasi tersebut adalah kondisi riil sarana prasarana, frekuensi penggunaan. e. Tindak lanjut sarana prasarana dilakukan dengan melakukan pemeliharaan dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana tersebut.
Kedua, hasil peningkatan kualitas pembelajaran melalui manajemen sarana dan prasarana adalah 1) ketercapaian ketuntasan belajar, 2) ketercapaian efektivitas kemampuan guru mengelola pembelajaran serta, 3) respon siswa terhadap pembelajaran yang positif. Ketiga, Faktor Pendukung adanya kinerja yang baik dari tenaga pendidikan dan kependidikan, proses pembelajaran yang berkualitas, dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat Pola perilaku siswa yang kurang baik, adanya guru yang gagap teknologi dan tidak adanya rasa tanggung jawab dari sebagian guru.
This research aims to describe and analyze the management of infrastructure in improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara for the 2022/2023 academic year. The formulation of the problem in this thesis are: a). How is the management of facilities and infrastructure in improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara for the 2022/2023 academic year?, b). What are the results of improving the management of facilities and infrastructure in improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara for the 2022/2023 school year?, c). What are the supporting and inhibiting factors in improving the quality of student learning through the management of infrastructure at Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bandengan Jepara for the 2022/2023 academic year?
This type of research is descriptive analytic which is located at MI Islamiyah Bandengan Jepara with qualitative research methods. Using data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. While the data analysis techniques are data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. The data and data sources used are primary data and secondary data.
The results of this research are: First, the management of infrastructure that has been carried out at MI Islamiyah Bandengan is: a. Planning for facilities and infrastructure by analyzing the types of needs needed by madrasas. To plan for the need for learning tools, a deliberation system is carried out between the head of the madrasa, the treasurer and the entire teacher council. b. Implementation of management of madrasah infrastructure. In this implementation it is manifested by the use and utilization of facilities and infrastructure. c. The organization of infrastructure facilities is carried out by giving responsibility to personnel for managing infrastructure facilities, as well as procuring infrastructure facilities. d. Evaluation is carried out by the head of the madrasa at the end of each semester, and at the end of the year at a monthly meeting. In general, the aspects that are assessed in the evaluation are the real condition of the infrastructure and the frequency of use. e. Follow-up on infrastructure facilities is carried out by carrying out maintenance and supervision of these facilities and infrastructure. Second, the results of improving the quality of learning through the management of facilities and infrastructure are 1) the achievement of learning completeness, 2) the achievement of the effectiveness of the teacher's ability to manage learning and, 3) student responses to positive learning. Third, the supporting factors are the good performance of education and educational staff, quality learning processes, and adequate facilities and infrastructure. While the inhibiting factors are poor student behavior patterns, there are teachers who are technologically illiterate and there is no sense of responsibility from some teachers.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Sarana Prasarana, Mutu Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.6 Gedung Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:34 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:34 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5871 |