Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI NILAI NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MAPEL AKIDAH AKHLAK KELAS XII DI MA. MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA

SARIAH, 181310004037 (2023) IMPLEMENTASI NILAI NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MAPEL AKIDAH AKHLAK KELAS XII DI MA. MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181310004037_COVER.pdf]
Preview
Text
181310004037_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181310004037_BAB I.pdf] Text
181310004037_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181310004037_BAB II.pdf] Text
181310004037_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of 181310004037_BAB III.pdf] Text
181310004037_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[thumbnail of 181310004037_BAB IV.pdf] Text
181310004037_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of 181310004037_BAB V.pdf] Text
181310004037_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 181310004037_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181310004037_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181310004037_LAMPIRAN.pdf] Text
181310004037_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan: 1. Untuk menggambarkan implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada mapel akidah akhlak di kelas XII di MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Untuk memberikan gambaran mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada mapel akidah akhlak di kelas XII di MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dengan menggunakan pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adanya hasil yang diperoleh dari penelitian memperoleh:1) Mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama pada mapel akidah akhlak di kelas XII di MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara yaitu: a.) Nilai-Nilai moderasi beragama pada mapel akidah akhlak di kelas XII di MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara yaitu nilai tasamuh, nilai asy-syura, nilai musawah, nilai ishlah dan nilai qudwah. 2) Mendeskripsikan impelmentasi nilai-nilai moderasi beragama pada mapel akidah akhlak di kelas XII di MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dengan melalui adanya budaya madrasah, budaya kelas dan kegiatan siswa. 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada mapel akidah akhlak di kelas XII di MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara yaitu: Faktor pendukungnya, a) Siswa yang responsif melihat dari usia kelas XII, b) Jajaran Kepengurusan Yayasan dan Madrasah yang memberikan dukungan moril kepada siswa untuk mengimplementasian nilai-nilai moderasi beragama, c) Tata tertib aturan madrasah yang memberikan larangan dan anjuran yang harus dilakukan dilingkungan madrasah, d) Slogan dan Platform madrasah sebagai dukungan lewat media sosial maupun lingkungan madrasah. Faktor penghambatnya, a) Homogenitas, ketidakberagaman di lingkungan madrasah, b) Lingkungan sekolah, gedung yang terpisah antara perempuan dan pria, c) Kuantitas siswa, banyaknya jumlah siswa yang berakibat bagi pengendalian sikap dan tingkah laku kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Implementasi, Pembelajaran Akidah Akhlak.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:07
Last Modified: 21 Nov 2023 03:07
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item
View Item