RISNA JULIA MAFRIKHA, 181310003982 (2023) PENGARUH RUTINITAS MENGAJI DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA SDN 01 BADUNGHARJO DONOROJO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181310003982_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
181310003982_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181310003982_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
181310003982_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181310003982_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
181310003982_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (939kB)
181310003982_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181310003982_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitan ini bertujuan: (1) Untuk menunjukan rutinitas mengaji siswa kelas atas (4,5,6) SDN 01 Bandungharjo. (2) Untuk menunjukan bimbingan orang tua siswa kelas atas (4,5,6) SDN 01 Bandungharjo. (3) Untuk menunjukkan hasil belajar PAI siswa kelas atas (4,5,6) SDN 01 Bandungharjo. (4) Untuk membuktikan adanya pengaruh rutinitas mengaji dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas atas (4,5,6) SDN 01 Bandungharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Bandungharjo dengan sampel 100 orang yang terdiri dari 50 siswa kelas atas (4,5,6) dan 50 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menyebarkan angket mengenai rutinitas mengaji kepada siswa, angket bimbingan orang tua kepada orang tua siswa dan dokumentasi. Untuk dokumentasi yang digunakan adalah hasil belajar PAI siswa yaitu nilai PTS semester gasal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rutinitas mengaji siswa berada dalam kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor sebesar 27,7 yang berada pada rentang skor 26 - 30. (2) Bimbingan orang tua siswa berada dalam kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor sebesar 59,8 yang berada pada rentang skor 48 – 59. (3) Rata-rata nilai PTS PAI siswa kelas adalah 82,56. Untuk nilai KKM adalah 75. (4) Hasil dari analisis regresi ganda dengan menggunakan uji F, menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dan nilai F_hitung9.348 >F_tabel 5,54 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara X1 dan X2 secara simultan (bersama-sama) terhadap Y. Adapun koefisien determinasi sebesar 28,5 % hal ini disebabkan karena variabel X1 tidak berpengaruh terhadap variabel Y, namun secara simultan X1 dan X2 berpengaruh terhadap Y.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Rutinitas mengaji, Bimbingan orang tua, Hasil belajar PAI. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 03:06 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 03:06 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5703 |