Search for collections on Publications

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DALAM MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDUT MASYITOH MUSLIMAT NU BANDUNGREJO

SITI KHUZIYAH, 181330000357 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DALAM MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDUT MASYITOH MUSLIMAT NU BANDUNGREJO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000357_ COVER.pdf]
Preview
Text
181330000357_ COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000357_ BAB I.pdf] Text
181330000357_ BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000357_ BAB II.pdf] Text
181330000357_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 181330000357_ BAB III.pdf] Text
181330000357_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000357_ BAB IV.pdf] Text
181330000357_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000357_ BAB V.pdf] Text
181330000357_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[thumbnail of 181330000357_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000357_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000357_ LAMPIRAN.pdf] Text
181330000357_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi anatara siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar seri (2) Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dalam Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: pra eksperimen, eksperimen dan pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo dengan jumlah 24 siswa. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas III A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 11 siswa, dan siswa kelas III B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 11 siswa. Reabilitas statistic diujikan di kelas III dengan jumlah 24 siswa dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 2023 dengan hasil nilai based on mean 0,079. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji tingkat kesukaran, dan uji f.
Hasil penelitian menghasilkan (1) Penerapan pembelajaran menggunakan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi dalam materi Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo dapat meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata 22,08 dilihat dari hasil pretest dan postest. (2) ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo. Hal tersebut terlihat pada hasil post-test peserta didik dari aspek kognitif setelah diberi perlakuan dengan nilai thitung = F 3,231 signifikasi= 0,05 yang berarti hipotesis (Ha) penelitian ini diterima, yaitu ada pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keefektivan, gambar seri, menulis karangan narasi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.623 Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:49
Last Modified: 21 Nov 2023 02:49
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item
View Item