Search for collections on Publications

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SDN 2 KERSO KEDUNG JEPARA

MOHAMMAD IKHROMUL MUSLIMIN, 181330000263 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SDN 2 KERSO KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000263_ COVER.pdf]
Preview
Text
181330000263_ COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000263_ BAB I.pdf] Text
181330000263_ BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000263_ BAB II.pdf] Text
181330000263_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 181330000263_ BAB III.pdf] Text
181330000263_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000263_ BAB IV.pdf] Text
181330000263_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000263_ BAB V.pdf] Text
181330000263_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[thumbnail of 181330000263_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000263_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000263_ LAMPIRAN.pdf] Text
181330000263_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan salah satu hal yang menjadi penentu keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan dan kecerdasan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PPKn di SDN 2 Kerso. penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental Design. Tipe penelitian ini yang digunakan adalah One-Group Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 72,69 sedangkan, saat posttest (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)) hasil nilai rerata yang diperoleh siswa sebesar 80. Kenaikan hasil pretest dengan posttest sebesar 7,31. Serta nilai Uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,008 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 atau 0,008 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat efektivitas penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PPKn di SDN 2 Kerso Kedung Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Team Games Tournament (TGT) dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:48
Last Modified: 21 Nov 2023 02:48
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item
View Item