Search for collections on Publications

ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA MATERI TEMBANG DOLANAN KELAS II SDN 04 TROSO PECANGAAN JEPARA

HENA HAATI AUNIAH, 181330000385 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA MATERI TEMBANG DOLANAN KELAS II SDN 04 TROSO PECANGAAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000385_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000385_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000385_BAB I.pdf] Text
181330000385_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000385_BAB II.pdf] Text
181330000385_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 181330000385_BAB III.pdf] Text
181330000385_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000385_BAB IV.pdf] Text
181330000385_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of 181330000385_BAB V.pdf] Text
181330000385_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[thumbnail of 181330000385_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000385_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000385_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000385_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Pada dasarnya setiap peserta didik berhak mendapatkan peluang untuk memperoleh hasil akademik yang memuaskan. Namun, dalam kenyataanya sehari-hari tidak jarang peserta didik yang justru mendapatkan hasil belajar yang kurang atau dibawah standar yang telah ditetapkan. Ketika hal ini terjadi maka dapat dikatakan peserta didik tersebut mengalami kesulitan belajar. Fenomena kesulitan belajar peserta didik biasanya nampak jelas dari menurunya prestasi akademik. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan yaitu >70 dengan jumlah siswa kelas II adalah 30 siswa, jumlah yang belum mencapai nilai KKM adalah 20 siswa dengan presentase 67% sedangkan siswa yang sudah mencapai nilai KKM adalah 10 siswa dengan presentase 33%. Berdasarkan hasil wawancara dengan Pak Samporna disampaikan bahwa nilai ulangan harian belajar materi Tembang Dolanan yang masih rendah belum begitu jelas faktor penyebabnya. Pasalnya, guru telah berupaya memberikan media dan mengajak anak mempraktikkan bernyanyi Tembang Dolanan tetapi ketika dipraktikkan nilai harian hasil belajar peserta didik masih belum mencapai nilai KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Kesulitan belajar Bahasa Jawa siswa kelas II materi Tembang Dolanan di SD Negeri 04 Troso (2) Bagaimana Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Jawa siswa kelas II materi Tembang Dolanan di SD Negeri 04 Troso Pecangaan Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesulitan belajar Bahasa Jawa materi Tembang Dolanan yang dialami peserta didik kelas II SDN Troso terdapat 3 jenis kesulitan yaitu kesulitan dalam pengerjaan tugas akademik, kesulitan memahami kosakata lirik Tembang Dolanan, kesulitan keterampilan dalam berbahasa sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Jawa materi Tembang Dolanan yang dialami oleh peserta didik kelas II SDN 04 Troso yaitu ada dua macam faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik meliputi sikap belajar, motivasi belajar, minat belajar yang kurang, kemampuan pengindraan. Sedangkan faktor eskternal adalah faktor yang bersumber dari luar diri peserta didik meliputi variasi mengajar guru, lingkungan keluarga, lingkungan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Bahasa Jawa, Tembang Dolanan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:46
Last Modified: 21 Nov 2023 02:46
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5690

Actions (login required)

View Item
View Item