Search for collections on Publications

PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING PADA KELAS 6 MI ISLAMIYAH KUNIR KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA

KHOIRUL ANWAR, 171310003775 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING PADA KELAS 6 MI ISLAMIYAH KUNIR KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 171310003775_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 171310003775_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 171310003775_BAB I.pdf] Text
2. 171310003775_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of 3. 171310003775_BAB II.pdf] Text
3. 171310003775_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[thumbnail of 4. 171310003775_BAB III.pdf] Text
4. 171310003775_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[thumbnail of 5. 171310003775_BAB IV.pdf] Text
5. 171310003775_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of 6. 171310003775_BAB V.pdf] Text
6. 171310003775_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[thumbnail of 7. 171310003775_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 171310003775_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8. 171310003775_LAMPIRAN.pdf] Text
8. 171310003775_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peran orang tua dalam pembelajaran daring sangatlah penting karena ketidakadaan guru dalam pembelajaran secara tatap muka adalah membutuhkan sosok pendamping untuk menggantikan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaiamana peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring pada siswa kelas 6 MI Islamiyah Kunir (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring pada siswa kelas 6 MI Islamiyah Kunir.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara mengamati aktivitas peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring pada kelas 6 MI Islamiyah Kunir, wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring pada kelas 6 MI Islamiyah Kunir dan wawancara terbuka dilakukan kepada Kepala Sekolah MI Islamiyah Kunir sedangkan dokumentasi untuk mendapatkan dokumen-dokumen kelembagaan atau data peserta didik kelas 6 MI Islamiyah Kunir dan pelaksanaan peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring pada kelas 6 MI Islamiyah Kunir.
Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif, yaitu analisis data dengan menggunakan data melalui bentuk deskripsi kata-kata atau kalimat dan dipisahkan menurut kategori yang ada untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring pada kelas 6 MI Islamiyah Kunir diantaranya sebagai Pembimbing, Motivator, Fasilitator. Sedangkan faktor pendukungnya adalah Wifi Desa, Handpone. Adapun faktor penghambatnya Handphone yang spesifikasinya kurang mendukung, kurangnya penguasaan tekhnologi, kurang memahami materi, orang tua yang sibuk bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Fathur Rohman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk Orang Dewasa > 374.4 Pendidikan Jarak Jauh
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:45
Last Modified: 21 Nov 2023 02:45
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5689

Actions (login required)

View Item
View Item