Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN DI KELAS IV SD NEGERI 6 TAHUNAN JEPARA

FELIA WULAN SARI, 181330000388 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN DI KELAS IV SD NEGERI 6 TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000388_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000388_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 181330000388_BAB I.pdf] Text
181330000388_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000388_BAB II.pdf] Text
181330000388_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 181330000388_BAB III.pdf] Text
181330000388_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000388_BAB IV.pdf] Text
181330000388_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000388_BAB V.pdf] Text
181330000388_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[thumbnail of 181330000388_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000388_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000388_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000388_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh data sebanyak 40% dari 28 peserta didik masih memperoleh nilai di bawah KKM 70, sedangkan yang 60% sudah cukup bagus tetapi belum memuaskan. Hal ini disebabkan model pembelajaran masih konvensional dan keterbatasan media pembelajaran yang menarik. Sehingga, diperlukan model dan media pembelajaram yang inovatif dan menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Tahunan Jepara.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan hasil belajar peserta didik pada materi tumbuhan sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media flash card dan mengetahui pengaruh hasil belajar IPA materi tumbuhan pada peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media flash card. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian pre-experimental design dengan jenis one group pretest dan posttest. Instrumen yang dipakai yaitu tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal yang diberikan pada 28 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpengaruh positif dan mampu meningkatkan hasil belajar sehingga kemampuan pemahaman peserta didik lebih maksimal. Partisipasi aktif peserta didik dalam kelas juga baik dan meningkat, dengan menggunakan bantuan media Flash Card pembelajaran menjadi lebih interaktif. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Besar nilai R square adalah sebesar 47,4% sedangkan 52,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor atau model lain, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Flash Card) terhadap variabel terikat (hasil belajar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Husni Mubarok, M. Pd. Pembimbing II : Muh Muhaimin, S.Pd.I., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD); Media Flash Card; Hasil Belajar; IPA Materi Tumbuhan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:21
Last Modified: 21 Nov 2023 02:21
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5686

Actions (login required)

View Item
View Item