Search for collections on Publications

PENGARUH PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDUT MASYITOH MUSLIMAT NU BANDUNGREJO

ERIKA SURYANI, 181330000368 (2023) PENGARUH PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDUT MASYITOH MUSLIMAT NU BANDUNGREJO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000368_ COVER.pdf]
Preview
Text
181330000368_ COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000368_ BAB I.pdf] Text
181330000368_ BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000368_ BAB II.pdf] Text
181330000368_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 181330000368_ BAB III.pdf] Text
181330000368_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000368_ BAB IV.pdf] Text
181330000368_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000368_ BAB V.pdf] Text
181330000368_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[thumbnail of 181330000368_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000368_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 181330000368_ LAMPIRAN.pdf] Text
181330000368_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar materi kosakata Bahasa indonesia anatara siswa yang diajar dengan menggunakan permainan crossword puzzle (2 Pengaruh Permainan Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Materi Kosakata Bahasa Indonesia Pada Peswerta Didik Kelas II SDUT Masyitoh Muslimat Nu Bandungrejo.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: pra eksperimen, eksperimen dan pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo
Ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan (Penggunaan permainan dalam materi kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas II SDUT Masyitoh muslimat NU Bandungrejo) hal tersebut terbukti pada hasil kelas control peserta didik dengan nilai terendah 30 sedangkan nilai yang tertinggi adalah 80 dengan rata-rata 55,88 sehingga peserta didik yang mencapai nilai diatas rata-rata (KKM) sebanyak 4 peserta didik dan yang belum mencapai (KKM) 26 peserta didik. Dan hasil kelas eksperimen peserta didik dengan nilai maksimum sebesar 100 dan minimum 75 dengan rata-rata 88 sehingga peserta didik yang mencapai nilai diatas rata-rata (KKM) sebanyak 30 peserta didik. Dari nilai yang telah dijelaskan diatas Penerapan pembelajaran menggunakan permainan crossword puzzle terhadap hasil belajar dalam materi kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas II SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo dapat meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata 13,26 dilihat dari hasil kelas control dan kelas eksperimen .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kosakata, crossword puzzle
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:15
Last Modified: 20 Nov 2023 03:15
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5685

Actions (login required)

View Item
View Item