DINDA FARA NURHANIA, 181330000238 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS III DI SD N 2 SINANGGUL MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000238_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000238_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000238_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
181330000238_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000238_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181330000238_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (759kB)
181330000238_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000238_LAMPIRAN.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah guru dalam mengajar pembelajaran PPKn masih menggunakan metode ceramah, belum menggunakan media yang menunjang pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang rendah dalam pembelajaran PPKn kelas III. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan harian peserta didik pada pembelajaran PPKn. Hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan peserta didik yang kurang minat untuk mengikuti pembelajaran PPKn dan media pembelajaran yang tersedia hanya buku. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar pembelajaran PPKn peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran visual berbasis canva.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran visual berbasis canva terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas III di SD N 2 Sinanggul. Kegiatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental, desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini berjumlah 10 peserta didik yang terdiri dari 6 peserta didik putra dan 4 peserta didik putri. Penelitian dilakukan selama 5 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berbentuk soal pilihan ganda yang digunakan untuk soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25 yang meliputi uji instrument, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata pretest sebesar 57, sedangkan hasil rata-rata posttest sebesar 72. Hasil uji normalitas dengan N = 10 pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan data berdistribusi normal sebesar 0,200 > 0,05. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sampel T-Test dengan berbantuan SPSS 25 menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran visual berbasis canva berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas III di SD N 2 Sinanggul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar, PPKn, Peserta didik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 03:14 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:14 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5684 |