Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA SKALA (DIMAS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 6 BULUNGAN JEPARA

ARNETA EKA SIWI, 181330000379 (2023) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA SKALA (DIMAS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 6 BULUNGAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000379_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000379_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000379_BAB I.pdf] Text
181330000379_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000379_BAB II.pdf] Text
181330000379_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 181330000379_BAB III.pdf] Text
181330000379_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000379_BAB IV.pdf] Text
181330000379_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181330000379_BAB V.pdf] Text
181330000379_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[thumbnail of 181330000379_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000379_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000379_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000379_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media diorama skala (dimas) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 6 Bulungan Jepara. Penelitian ini didasari nilai hasil belajar siswa yang masih rendah dan anggapan siswa yang memandang matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Fokus penelitian ini terdapat pada hasil belajar matematika yang menggunakan model RME berbantuan diorama skala.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 6 Bulungan Jepara. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 37 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (model Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media diorama skala) dan variabel terikat (hasil belajar matematika). Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, daya beda, uji prasyarat adan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata 58,16, sedangkan saat posttest hasil nilai rata-rata diperoleh 81,40. Kenaikan hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest sebesar 23,24. Perbedaan ini diperkuat dengan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 17,349 > ttabel sebesar 2,028 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media diorama skala terhadap hasil belajar matematika di kelas V SDN 6 Bulungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model RME, Diorama, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:12
Last Modified: 20 Nov 2023 03:12
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item
View Item