ANIK ROBITHOTUL HASANAH, 181330000382 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CARAKAN WHEEL BOARD PADA MATERI AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA IV SD NEGERI 3 MENGANTI KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000382_COVER.pdf
Download (4MB) | Preview
181330000382_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000382_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
181330000382_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
181330000382_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
181330000382_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (728kB)
181330000382_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000382_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Menganti. Penelitian ini dilatarbelakangi melalui data sebanyak 60% siswa belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimum pada materi aksara Jawa. Hal ini disebabkan pembelajaran masih konvensional dan keterbatasan media pembelajaran yang menarik. Sehingga, diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Menganti. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk analisis kebutuhan guru dan siswa, mengetahui pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Carakan Wheel Board pada materi aksara Jawa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Menganti. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan teori pengembangan Sugiyono (2016: 298). Prosedur penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, uji coba pemakaian, revisi produk III dan produksi massal. Namun, peneliti hanya menggunakan sampai 8 tahapan yaitu uji coba pemakaian, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner atau angket kebutuhan siswa dan guru, angket validator, angket respon siswa dan hasil pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Carakan Wheel Board pada materi aksara Jawa dinyatakan layak oleh ahli media 00% dengan kriteria sangat layak, ahli materi 00% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji hipotesisi menggunakan uji T test (Paired Samples T Test) dengan bantuan progam SPSS, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar bahasa Jawa materi aksara Jawa sebelum dan sesudah menggunakan media Carakan Wheel Board. Kesimpulannya media Carakan Wheel Board pada materi aksara Jawa yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV SD Negeri 3 Menganti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Erna Zumrotun, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Carakan Wheel Board. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:55 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5681 |