Search for collections on Publications

PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 GERDU

ALFI KHUSNIA, 181330000303 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 GERDU. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000303_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000303_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000303_BAB I.pdf] Text
181330000303_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000303_BAB II.pdf] Text
181330000303_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 181330000303_BAB III.pdf] Text
181330000303_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000303_BAB IV.pdf] Text
181330000303_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 181330000303_BAB V.pdf] Text
181330000303_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[thumbnail of 181330000303_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000303_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000303_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000303_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada materi IPA dikelas V SD Negeri 1 Gerdu yang masih rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran. apalagi materi IPA banyak hafalan dan banyak yang sulit dijangkau, sehingga peserta didik merasa bosan serta kurang dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 33 peserta didik sebanyak 26 atau 79% tidak memenuhi KKM dan hanya terdapat 7 atau 21% yang sudah mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media diorama ekositem, mengetahui kelayakan media diorama ekosistem dan mengetahui efektivitas penggunaan media diorama ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D), dengan menggunakan model Brog and Gall. Media diorama ekosistem ini divalidasi oleh oleh ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran. Media diorama ekosistem ini diuji cobakan produk secara terbatas dna uji coba pemakaian pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gerdu.
Media diorama ekosistem dihasilkan melalui tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi, uji coba produk, uji coba pemakaian dan produk akhir. Hasil uji kelayakan media diorama ekosistem menurut ahli media memperoleh 96% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh 93% dengan kategori sangat layak dan praktisi pembelajaran 91% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil belajar tes pengetahuan (kognitif) pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata 64,12 sedangkan posttest hasil nilai hari-ratanya 82,02. Kenaikan pretest dan posttes sebesar 17,94. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil uji paired sample t-test adalah signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya nilai siginifikasi 0,000<0,05 yang berarti penggunaan media diorama ekosistem berpengaruh teradap hasil belajar peserta didik. Sedangkan perolehan n-gain sebesar 0,5 yang berarati efektivitas penggunaan media diorama ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Diorama, Ekosistem, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:54
Last Modified: 20 Nov 2023 02:54
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item
View Item