ULVIA FEBRIANA HADININGSIH, 181340000071 (2023) PENGARUH BUKU POP UP JAWA SANTUN TERHADAP KETERAMPILAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI RA AL MUHTADIN DERMOLO KEMBANG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181340000071_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 181340000071_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181340000071_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 181340000071_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181340000071_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 181340000071_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181340000071_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 181340000071_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181340000071_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
![[thumbnail of 181340000071_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181340000071_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (575kB)
181340000071_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 181340000071_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181340000071_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran bahasa Jawa merupakan proses interaksi dan kerja sama antara guru dengan peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar untuk mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam bahasa Jawa. Aspek pembelajaran bahasa jawa untuk anak usia dini adalah mendengarkan, menirukan, bernyanyi, dan bercerita. Menurut Mulyana pembelajaran bahasa Jawa perlu diajarkan secara kreatif, lebih terarah dan menyenangkan untuk memenuhi rasa kenyamanan dan menumbuhkan minat belajar peserta didik terhadap bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku pop up dalam pembelajaran unggah–ungguh bahasa jawa peserta didik usia 5–6 tahun di RA Al Muhtadin Dermolo.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Hasil kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Uji hipotesis diperoleh bahwa Ha diterima maka Ho ditolak. Perhitungan uji-t Paired antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu = 7,221 dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Unggah-ungguh Bahasa Jawa peserta didik pada pre test dan post test di kelas eksperimen menggunakan media pop up book mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor nilai pre test yaitu 83,33% dan skor nilai post test yaitu 91,67%. Maka, peningkatan persentase di kelas eksperimen sebesar 8,34%. Pada pre test dan post test kelas eksperimen mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa media pop up book memberikan pengaruh terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa. Hal ini juga dibuktikan dari hasil presentase pada kelas eksperimen sebesar 8,34%, dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pop up book terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa peserta didik melalui perhitungan uji-t bahwa thitung > ttabel yaitu 7,221 > 2,179. Maka disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan buku pop up book terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa peserta didik usia 5-6 tahun di RA Al Muhtadin Dermolo RT 03 RW 02 Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Buku Pop up, Unggah-ungguh, Bahasa Jawa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:53 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:53 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5679 |