SUMAYATUN, 171340000060 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP DALAM PENGENALAN HURUF ABJAD SEBAGAI SARANA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK IMQ KAUMAN MAYONG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171340000060_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
171340000060_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171340000060_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171340000060_BAB II.pdf
Download (3MB) | Preview
171340000060_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171340000060_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171340000060_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (592kB)
171340000060_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (741kB) | Preview
171340000060_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan anak usia dini dalam aspek perkembangan salah satunya yaitu perkembangan bahasa dalam mengenalkan huruf abjad pada huruf kosonan dan huruf vokal. Perkembangan bahasa pada anak usia 4 – 5 tahun anak masih sulit untuk membeda-bedakan huruf yang hampir mirip atau sama dalam mengucapkan huruf. Media yang digunakan kurang menarik, kegiatan yang dilakukan dengan cara mengucapkan dan menulis tanpa adanya media. Penelitian ini menggunakan media pop up yang berbentuk sebuah buku yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka dengan tampilan gambar yang indah dan menarik. Media ini dapat membantu pendidik untuk menstimulus perkembangan bahasa anak usia dini untuk melatih daya ingat dalam mengenal huruf pada anak usia dini. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggaruh penggunaan media pop up dalam pengenalan huruf abjad anak usia 4 – 5 tahun di TK Islam Manba’ul Qur’an (IMQ).
Penelitian ini menggunakan metode desain pre eksperimental tipe one group pretest posttest. Data yang digunakan melalui uji validitas, uji rehabilitas. Pengambilan sampel pada penelitian ini sejumlah 14 anak. Nilai rata-rata pretest 29,83, sedangkan nilai rata-rata posttest 50,83. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media pop up berpengaruh dalam mengenal huruf abjad pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Islam Manba’ul Qur’an (IMQ).
Hasil nilai pretest sebelum anak menggunakan media pop up nilai tertinggi 37. Nilai hasil posttest sesudah menggunakan media pop up yaitu nilai tertinggi 58, nilai terendah anak 32 dan nilai rata-rata 50,83. Uji t-test mengunakan SPSS 26 bahwa nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,001, nilai sig (2 tailed) lebih kecil dari 0,05(5%) yang atrinya Hₐ diterima Hₒ ditolak maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signitifikan dalam meningkatkan konsep mengenal huruf abjad pada kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Anita Afrianingsih, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media pop up, huruf abjad, anak usia dini. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:52 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5678 |