Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA PONDOK PESANTREN YANBU’UL QUR’AN ANAK-ANAK KUDUS PERIODE 2016/2017

ZUHAIDA, 162610000327 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA PONDOK PESANTREN YANBU’UL QUR’AN ANAK-ANAK KUDUS PERIODE 2016/2017. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 162610000327_COVER.pdf]
Preview
Text
162610000327_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 162610000327_BAB I.pdf] Text
162610000327_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[thumbnail of 162610000327_BAB II.pdf] Text
162610000327_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[thumbnail of 162610000327_BAB III.pdf] Text
162610000327_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[thumbnail of 162610000327_BAB IV.pdf] Text
162610000327_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[thumbnail of 162610000327_BAB V.pdf] Text
162610000327_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of 162610000327_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
162610000327_Daftar Pustaka.pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 8 Lampiran.pdf] Text
8 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil survey tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pembelajaran tahfidz Qur’an serta faktor pendukung dan penghambat yang berpengaruh pada manajemen pembelajaran tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Anak-Anak Kudus pada periode
2016/2017. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Anak-Anak Kabupaten Kudus. Dalam penelitian ini, penulis akan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi serta pengumpulan dokumen- dokumen dan data yang valid. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif-eksploratif analisis. Hasil penelitian ini adalah dalam manajemen pembelajaran tahfidz Qur’an meliputi beberapa proses diantaranya proses perencanaan pembelajaran yang terdiri dari beberapa tahapan seperti dasar dan tujuan pembelajaran tahfidz Qur’an, menentukan program pembelajaran dan membuat perangkat perencanaan pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang terdiri dari berbagai metode yaitu metode musyafahah, metode taqrir, metode mudarrasah, metode resitasi dan tes. Proses evaluasi dalam pembelajaran tahfidz Qur’an yang mencakup evaluasi hasil belajar dan evaluasi proses pembelajaran. Selain itu, ada pula beberapa faktor pendukung dan penghamabat yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen pembelajaran. Faktor pendukung antara lain: faktor usia santri, faktor kecerdasan santri, faktor tujuan dan minat menghafal al- Qur’an, serta faktor lingkungan. Faktor penghambat yaitu faktor sakit, kelelahan dan lupa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sa’dulloh Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H.Mashudi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Qur’an, Manajemen Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:54
Last Modified: 17 Nov 2023 03:54
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item
View Item