Search for collections on Publications

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL MUSLIMIN DI DESA UNDAAN KIDUL, UNDAAN, KUDUS

SUDARSONO, 162610000323 (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL MUSLIMIN DI DESA UNDAAN KIDUL, UNDAAN, KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 162610000323_COVER.pdf]
Preview
Text
162610000323_COVER.pdf

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of 162610000323_BAB I.pdf] Text
162610000323_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of 162610000323_BAB II PEMBAHASAN.pdf] Text
162610000323_BAB II PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[thumbnail of 162610000323_BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
162610000323_BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[thumbnail of 162610000323_BAB IV TESIS.pdf] Text
162610000323_BAB IV TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[thumbnail of 162610000323_BAB V TESIS.pdf] Text
162610000323_BAB V TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of 162610000323_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
162610000323_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Dewasa ini banyak pihak menunutut peningkatan intensitas dan kualitas pelaksanaan pendidkan karakter pada lembaga pendidikan formal. Tuntutan tersebut didasarkan pada fenomena sosial yang berkembang, yakni menigkatnya kenakalan remaja dalam masyarakat, seperti perkelahian massal dan berbagai kasus dekadensi moral lainnya. Salah satu model pendidikan yang diyakini efektif oleh banyak kalangan sekarang ini adalah model pendidikan di madrasah. Sistem pendidikan ini bukan saja memberikan pengetahuan kognitif pada peserta didik, tetapi juga sekaligus bersama-sama belajar membudayakan ilmu dalam kehidupan sehari-hari, satu kombinasi antara ilmu pengetahuan [science] dan budaya [culture], antara learning to know dengan learning to do.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang: A. Bagaimana perencanaan pendidikan karakter siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus. B. Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter siswa Madrasah Aliyah Nahdalatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus, dan C. Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi pendidikan karakter siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus. Pola pembelajaran yang dilakukan di MA Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus mengacu pada Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013. Tentang Kurikulum 13.
Hasil penelitian menunjukkan a. Perencanaan pendidikan karakter siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus dibuat oleh kepala madrasah dengan melibatkan para guru melalui rapat awal tahun pelajaran. Rapat ini menghasilkan rencana kegiatan madrasah selama satu tahun pelajaran. b. Pelaksanaan pendidikan karakter siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus dilaksanakan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam struktur dan muatan kurikulum, program pembinaan kesiswaan, yang meliputi pengembangan diri melalui bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. c. Evaluasi pendidikan karakter siswa Madrasah A[iyah Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus dilaksanakan oleh kepala madrasah dan dewan guru melalui rapat rutin bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan. Berdasarkan studi dokumentasi tentang karakter siswa “Kedisipilinan” selama kurun waktu tiga tahun terahir dari tahun 2016-2018, tingkat ketidakhadiran siswa (A) pada siswa kelas X, tahun 2016 (2%), tahun 2017 (1,3%), dan tahun 2018 (1,4%). e. Tindak lanjut hasil evaluasi pendidikan karakter bangsa pada MA Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undaan, Kudus di madrasah ini dilakukan oleh kepala madrasah, waka bidang kesiswaan, guru mata pelajaran, dan guru bimbingan dan konseling.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan demi terwujudnya pelaksanaan nililai-nilai pendidikan karakter khususnya pada peserta didik, bagi lembaga, kepala madrasah, guru, dan pegawai di MA Nahdlatul Muslimin, Desa Undaan Kidul, Undan, Kudus

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter, siswa, Madrasah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:46
Last Modified: 17 Nov 2023 03:46
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item
View Item