Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA – IPS DI MADRASAH BERBASIS RISET MAN 2 KUDUS

NOR KHUSOMAH, 162610000334 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA – IPS DI MADRASAH BERBASIS RISET MAN 2 KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of COVER NOOR.pdf]
Preview
Text
COVER NOOR.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 162610000334_BAB I.pdf] Text
162610000334_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[thumbnail of 162610000334_BAB II.pdf] Text
162610000334_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[thumbnail of 162610000334_BAB III.pdf] Text
162610000334_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[thumbnail of 162610000334_BAB IV.pdf] Text
162610000334_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of 162610000334_BAB V.pdf] Text
162610000334_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of 162610000334_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
162610000334_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 8 LAMPIRAN.pdf] Text
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Berbasis Riset adalah madrasah yang berhasil mengembangkan tradisi akademik berbasis riset dan menghasilkan temuan riset yang bermanfaat untuk mengembangkan khasanah IPTEK yang dilakukan oleh guru atau siswa madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pembelajaran madrasah berbasis riset dan faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran madrasah berbasis riset pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran dan siswa. Subjek penelitian guru riset dan waka kurikulum. Data sekunder penelitian berupa dokumen-dokumen, catatan, arsip-arsip dan profil madrasah, laporan hasil belajar siswa, dan dokumen-dokumen lain yang terkait. Metode pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interactive model dari Miles dan Huberman. Dengan langkah Data Collection (Pengumpulan Data), Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan).Hasil penelitian ini;
1) Perencanaan Perencanaan pembelajaran berbasis riset selain
mengacu Permendikbud No. 22 Tahun 2016 dan guru juga menyiapkan timeline penelitian pada tahun pertama dan tahun kedua.
2) Pelaksanaan pembelajaran tidak hanya berfokus pada materi
semata tetapi juga dilakukan praktik langsung untuk lebih mengasah kemampuan siswa di bidang penelitian 3)Evaluasi dilakukan sesuai dengan standar penilain kurikulum 2013 yaitu Permendikbud No. 23
Tahun 2016 juga dilakukan uji proposal yang dibuat peserta didik
secara kelompok maupun individual melalui presentasi

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Shodiq Abdullah, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, deskriptif, berbasis riset, MA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:49
Last Modified: 15 Nov 2023 03:49
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5624

Actions (login required)

View Item
View Item