Search for collections on Publications

MANAJEMEN KETENAGAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTs. NAHDLATUL MUSLIMIN DI UNDAAN KIDUL, UNDAAN, KUDUS

MUHLISIN, 162610000338 (2018) MANAJEMEN KETENAGAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTs. NAHDLATUL MUSLIMIN DI UNDAAN KIDUL, UNDAAN, KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 162610000338_COVER.pdf]
Preview
Text
162610000338_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 162610000338_BAB I.pdf] Text
162610000338_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[thumbnail of 162610000338_BAB II.pdf] Text
162610000338_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[thumbnail of 162610000338_BAB III.pdf] Text
162610000338_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of 162610000338_BAB IV.pdf] Text
162610000338_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 162610000338_BAB V.pdf] Text
162610000338_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of 162610000338_Reference.pdf]
Preview
Text
162610000338_Reference.pdf

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada manajemen ketenagaan dalam meningkatkan kinerja guru madrasah dengan spesifikasi fokus masalah; (1) Bagaimanakah rencana program peningkatan kinerja guru di MTs Nahdlatul Muslimin, Undaan, Kudus (2) Bagaimanakah evaluasi dari pelaksanaan rencana program peningkatan kinerja guru di MTs Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus.
Tujuan penelitian ini adalah ingin menjelaskan perencanaan dan program-program peningkatan kinerja guru di MTs Nahdlatul Muslimin, Undaan, Kudus, dan mendeskripsikan evaluasi dari pelaksanaan rencana program peningkatan kinerja guru di MTs Nahdlatul Muslimin, Undaan, Kudus, berdasarkan proses (fungsi-fungsi) manajemen yang dilakukan oleh pengurus yayasan serta kepala madrasah di MTs. Nahdlatul Muslimin, Undaan, Kudus.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu mementingkan makna, konteks dan perspektif emik. Sedangkan proses penelitian berbentuk siklus dari pada linear dimana pengumpulan dan analisa data berlangsung secara simultan, lebih mementingkan kedalaman ketimbang keluasan cakupan penelitian, observasi dan wawancara mendalam bersifat sangat utama dalam proses pengumpulan data, serta penelitian itu sendiri yang merupakan instrumen utama untuk menghindari kesalahan maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik (1) Kredibilitas, (2) Transferabilitas, (3) Dependabilitas dan (4) Konfirmabilitas dan diskusi dengan teman sejawat atau sesama peneliti. Kemudian data dianalisa dilakukan dengan analisis interaktif yakni konseptualisasi, katagorisasi, yang dikembangkan atas dasar kejadian secara simultan kemudian direduksi (reduction), penyajian data (display) selanjutnya diadakan pemeriksaan kesimpulan (conclution) secara terus menerus.
Kesimpulan penelitian menunjukkan Pertama, proses manajemen yang dilaksanakan oleh Pengurus Yayasan Darussalam 1969, sebagai pengelola pendidikan di MTs. Nahdlatul Muslimin, Undaan, Kudus, adalah sebagai berikut; (a) perencanaan: menetapkan visi dan misi yang jelas berdasarkan ajaran dan doktrin agama Islam; (b) pengorganisasian: memberikan kewenangan mutlak kepada Kepala MTs. Nahdlatul Muslimin, Undaan, Kudus, sebagai penggerak utama dalam proses pembentukan guru yang professional dan berkinerja tinggi; (c) pelaksanaan: realisasi dalam sebuah sistem pendidikan yang khusus diprogramkan dengan metode dan kurikulum yang oleh pengurus yayasan dan kepala madrasah; (d) koordinasi dan evaluasi. Tindakan koordinasi dilakukan dengan mengadakan pertemuan satu minggu sekali dengan agenda memperteguh semangat pengabdian pada diri tenaga pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Mustaqim, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Mashudi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Ketenagaan, Kinerja Guru.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:39
Last Modified: 15 Nov 2023 03:39
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item
View Item