Search for collections on Publications

MANAJEMEN PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH PADA SMP WALISONGO DI PECANGAAN JEPARA

MUHAMMAD NORKHAN, 142610000080 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH PADA SMP WALISONGO DI PECANGAAN JEPARA. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 142610000080_COVER.pdf]
Preview
Text
142610000080_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 142610000080_BAB I.pdf] Text
142610000080_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 142610000080_BAB II.pdf] Text
142610000080_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 142610000080_BAB III.pdf] Text
142610000080_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 142610000080_BAB IV.pdf] Text
142610000080_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[thumbnail of 142610000080_BAB V.pdf] Text
142610000080_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 142610000080_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
142610000080_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu dari hal tersebut adalah membangun budaya sekolah dengan baik. Budaya sekolah adalah sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh kepala sekolah, pendidik atau guru, petugas tenaga kependidikan/administrasi, siswa, dan masyarakat sekitar sekolah. Budaya sekolah merupakan ciri khas, karakter atau watak, dan citra sekolah tersebut di masyarakat luas.
Adapun manfaat yang bisa diambil dari upaya pengembangan budaya sekolah diantaranya: (1) menjamin kualitas kerja yang lebih baik; (2) membuka seluruh jaringan komunikasi dari segala jenis dan level baik komunikasi vertikal maupun horisontal; (3) lebih terbuka dan transparan; (4) menciptakan kebersamaan dan rasa saling memiliki yang tinggi; (5) meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi, wawancara mendalam dengan sumber data primer dan studi dokumen. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam bagaimana manajemen pengembangan budaya sekolah diterapkan pada SMP Walisongo di Pecangaan Jepara. Disamping itu juga untuk mendeskripsikan beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pengembangan budaya di SMP Walisongo Pecangaan Jepara dan sejauhmana budaya sekolah itu dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMP Walisongo Pecangaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen pengembangan budaya di SMP Walisongo Pecangaan Jepara telah dilaksanakan dengan sistematis, baik dari sisi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Pengembangan budaya sekolah di SMP Walisongo Pecangaan itu diwujudkan dalam bentuk berbagai macam kegiatan pembiasaan yang antara lain pembiasan seperti sholat jamah, sholat dhuha, pembinaan kedisiplinan dan pembinaan aspek tauhid, ubudiyah dan akhlakul karimah. Hasil dari pengembangan budaya sekolah tersebut mutu pendidikan di SMP Walisongo Pecangaan meningkat.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Ahmad Barowi, M.Ag. pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, budaya sekolah, mutu sekolah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:37
Last Modified: 15 Nov 2023 03:37
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item
View Item