MOH `ISHOMUDDIN, 162610000320 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH SAB’AH PADA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN AL-GHUROBAA` DI TUMPANGKRASAK KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
162610000320_COVER.pdf
Download (5MB) | Preview
162610000320_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
162610000320_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (384kB)
162610000320_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (136kB)
162610000320_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (293kB)
162610000320_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (119kB)
162610000320_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (3MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Bagaimana Strategi pembelajaran Qira’ah Sab’ah pada Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al Ghuroba` di Tumpangkrasak Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018`? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Qira’ah Sab’ah di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Al-Ghurobaa’?. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus penelitian lapangan dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif analitis, yaitu menggambarkan wujud data secara apa adanya. Dalam hal ini memaparkan tentang Strategi pembelajaran Qira’ah Sab’ah pada Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al Ghuroba` di Tumpangkrasak Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam melakasanakan strategi pembelajaran Qira’ah Sab’ah menetapkan langkah-langkah dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran. Pondok pesantren al-ghurobaa’ dalam pembelajaran Qira’ah Sab’ah kiyainya menggunakan strategi gabungan antara ;musyafahah(face to face),takrir, muroja’ah,.
Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Qira’ah Sab’ah di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Al Ghurobaa’ sebagai berikut: Faktor pendukung meliputi: Persiapan yang matang, Motivasi dan stimulus, Faktor usia, Manajemen waktu, Intelegensi dan potensi ingatan, Tempat menghafal, Panjang dan pendek surat atau ayat dan kemampuan siswa yang tidak sama. Sedangkang Faktor-faktor penghambat diantaranya: Banyaknya dosa dan maksiat, Tidak adanya upaya untuk menjaga hafalan, Perhatian yang berlebihan terhadap urusan dunia dan Berambisi menghafal ayat-ayat yang banyak dalam waktu yang singkat
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah UNISNU JEPARA.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M. Ag. Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag., |
Uncontrolled Keywords: | Strtegi pembelajaran, Qira’ah Sab’ah di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Al-Ghurobaa` Kudus. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 03:34 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5616 |