MAWARDI, 162610000325 (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MTs NAHDLATUL MUSLIMIN DESA UNDAAN KIDUL, KECAMATAN UNDAAN, KABUPATEN KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
162610000325_COVER.pdf
Download (801kB) | Preview
162610000325_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (431kB)
162610000325_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
162610000325_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (275kB)
162610000325_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (620kB)
162610000325_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
162610000325_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (179kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (542kB)
Abstract
Penelitian ini fokus pada menejemen pendidikan karakter dengan rumusan masalah; Bagaimana perencanaan penanaman nilai-nilai karakter di MTs Nahdltul Muslimin Undaan Kudus; Bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter; Bagaimana evaluasi hasil penanaman nilai-nilai karakter.
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil penanaman nilai-nilai karakter pada MTs Nahdltul Muslimin Undaan Kudus.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. pengumpulan data dan analisa data berlangsung secara simultan. pengumpulan data lewat observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa dilakukan dengan analisis interaktif yakni konseptualisasi, katagorisasi, yang dikembangkan atas dasar kejadian secara simultan kemudian direduksi (reduction), penyajian data (display) selanjutnya diadakan pemeriksaan kesimpulan (conclution) secara terus menerus.
Kesimpulan penelitian menunjukkan Pertama, bahwa konsep menejemen pendidikan karakter di MTs. Nahdlatul Muslimin, Undaan, Kudus dilaksanakan dengan professional.Kedua, Proses manajemen yang dilaksanakan oleh Pengurus Yayasan Darussalam, kepala sekolah, guru-guru, meliputi perencanaan ,pelaksanaan, dan evaluasi sehingga dapat berjalan dengan baik.Ketiga,Pengelolaan manajemen pendidikan di madrasah dilakukan dengan cara; perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan, koordinasi dan evaluasi. Koordinasi dilakukan dengan mengadakan pertemuan satu bulan sekali. Proses evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan penilaian yang berkesinambungan dalam proses pendidikan tenaga pendidik (guru) dan memberikan reward serta penghargaan bagi peserta didik yang berkarakter yang baik, atau memberikan punishmen (sangsi) bagi peserta didik yang melanggar peraturan.Keempat, Temuan tesis tentang peserta didik yang berkarakter baik adalah jika pesrta didik berkarakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial, serta tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assaidi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Manajemen. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 07:58 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 07:58 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5615 |