M. FAJRIN NADHIEF, 162610000319 (2018) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM ASPEK PENILAIAN TAHFIDZ AL QUR’AN PADA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK YANBU’UL QUR’AN MENAWAN GEBOG KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
162610000319_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
162610000319_BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (646kB)
162610000319_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (569kB)
162610000319_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
162610000319_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
162610000319_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (280kB)
162610000319_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (306kB) | Preview
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Munculnya berbagai lembaga atau perguruan swasta merupakan bentuk kepedulian dan penyelenggaraan pendidikan oleh masyarakat. Lembaga atau perguruan swasta tersebut dapat berbentuk jalur pendidikan sekolah atau jalur pendidikan luar sekolah.Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang perlu pengelolaan secara sistematis dan professional seperti halnya lembaga pendidikan Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan manajemen kurikulum dalam aspek penilaian pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus. 2) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan manajemen kurikulum dalam aspek penilaian pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara pihak yang terkait dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data (data reduction), sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) penilaian di Madrasah TsanawiyahPondok Yanbu’ul Qur’an dilakukan melalui tes ulangan harian, pertengahan semester dan akhir semester. Penilaian tahfidz harus memenuhi beberapa kriteria antara lain mampu membaca al- Qur’an secara bil ghoib dengan lancer dengan pengucapan sesuai makhorijul huruf, sifat huruf atau ahkam al huruf dan al-mad wa al- qashr; (2) faktor pendukung meliputi sarana prasarana yang memadai, kecakapan dan keahlian guru serta penilaian yang sesuai dengan kurikulum. Faktor penghambat meliputi adanya perbedaan kemampuan siswa karena perbedaan latar belakang serta rendahnya tingkat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.KH Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr.Nur Khoiri, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | manajemen, kurikulum, penilaian, madrasah |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 07:52 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 07:52 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5611 |