Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDH AL-QUR’AN DI PONDOK TAHFIDZ PUTRI ANAK-ANAK YANAABII’UL QUR’AN KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KHAMIM, 162610000317 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDH AL-QUR’AN DI PONDOK TAHFIDZ PUTRI ANAK-ANAK YANAABII’UL QUR’AN KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 162610000317_cover.pdf]
Preview
Text
162610000317_cover.pdf

Download (800kB) | Preview
[thumbnail of 162610000317_BAB-I.pdf] Text
162610000317_BAB-I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[thumbnail of 162610000317_BAB-II.pdf] Text
162610000317_BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[thumbnail of 162610000317_BAB-III.pdf] Text
162610000317_BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of 162610000317_BAB-IV.pdf] Text
162610000317_BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[thumbnail of 162610000317_BAB-V.pdf] Text
162610000317_BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of 162610000317_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
162610000317_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 8.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)

Abstract

Pembelajaran menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses yang sangat mulia karena hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an dari usaha usaha yang ingin merusak kesucian dan kemurnian Al-Qur’an. Oleh sebab itu dibutuhkan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang baik agar proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an bisa berhasil dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) implementasi dari pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Putri Anak-Anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus; 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Putri Anak-Anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mencari data tentang profil pondok. Adapun yang menjadi obyek penelitian adalah santri Pondok Tahfidz Putri Anak-Anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode induksi dan metode deduksi.
Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut:
Pertama, implementasi manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Tahfidz Putri Anak-Anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus meliputi tiga tahapan, yaitu: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan standar proses hanya saja masih ada beberapa kekurangan, dan evaluasi pembelajaran atau penilaian yang dilakukan oleh guru tahfidz juga sudah sesuai dengan standar proses. Kedua, faktor pendukung meliputi: guru sebagai tenaga pendidik yang profesional; tersedianya media pembelajaran; tersedianya sarana dan prasarana yang memadai; dan minat belajar siswa yang tinggi, sedangkan faktor penghambat meliputi: kemampuan siswa yang tidak sama.
Adapun saran yang dapat penulis ajukan kepada guru, yaitu dalam manajemen pembelajaran yang telah dilaksanakan agar senantiasa dijaga dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan semaksimal mungkin agar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dapat selalu merasa nyaman, sehingga tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan dapat tercapai

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H.Mashudi,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Tahfidz al-Qur’an.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:51
Last Modified: 14 Nov 2023 07:51
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item
View Item