Search for collections on Publications

SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MABADIL HUDA BANJARAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016

ISHAQ, 152610000182 (2018) SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MABADIL HUDA BANJARAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 152610000182_Cover.pdf]
Preview
Text
152610000182_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 152610000182_Bab I.pdf] Text
152610000182_Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[thumbnail of 152610000182_Bab II.pdf] Text
152610000182_Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[thumbnail of 152610000182_BAB III.pdf] Text
152610000182_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of 152610000182_Bab IV.pdf] Text
152610000182_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[thumbnail of 152610000182_Bab V.pdf] Text
152610000182_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[thumbnail of 152610000182_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
152610000182_Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan faktorfaktor yang mempengaruhi terhadap supervisi klinis dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara tahun pelajaran 2012 – 2016 .Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara pihak terkait dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara dilakukan sebelum melaksanakan supervisi kelas meliputi menganalisa kualitas pembelajaran guru sebelumnya, membuat pedoman observasi, memberikan pengarahan guru untuk perbaikan dalam supervisi, 2) Pelaksanaan Supervisi Klinis secara rutin dan terprogram, setiap seminggu sekali dan terprogram dari kelas 1 sampai kelas 6 meliputi jadwal supervisi guru, mengamati keadaan kelas, proses pembelajaran, administrasi kelas, keadaan siswa di kelas, analisa. Teknik yang digunakan Kepala Madrasah dengan kunjungan/ observasi kelas. Evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis dilakukan setelah observasi pengajaran. Tindak lanjut supervisi klinis adalah perbaikan pada siklus berikutnya. Faktor yang mempengaruhi supervisi klinis: Faktor pendukung meliputi kemampuan manajerial kepala madrasah, kedisiplinan guru, dan kemampuan guru. Faktor penghambat meliputi mental guru, kesiapan guru, administrasi kelas, serta waktu pelaksanaan supervisi. Faktor lain adalah Lingkungan masyarakat, Besar kecil sekolah, tingkatan dan jenis sekolah, keadaan guru-guru dan pegawai-pegawai, kecakapan dan keahlian kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: supervisi klinis, kepala madrasah, peningkatan, belajar
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:49
Last Modified: 14 Nov 2023 07:49
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item
View Item