ISHAQ, 152610000182 (2018) SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MABADIL HUDA BANJARAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
152610000182_Cover.pdf
Download (1MB) | Preview
152610000182_Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
152610000182_Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (504kB)
152610000182_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (294kB)
152610000182_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (934kB)
152610000182_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (255kB)
152610000182_Daftar Pustaka.pdf
Download (15kB) | Preview
8. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (391kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan faktorfaktor yang mempengaruhi terhadap supervisi klinis dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara tahun pelajaran 2012 – 2016 .Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara pihak terkait dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara dilakukan sebelum melaksanakan supervisi kelas meliputi menganalisa kualitas pembelajaran guru sebelumnya, membuat pedoman observasi, memberikan pengarahan guru untuk perbaikan dalam supervisi, 2) Pelaksanaan Supervisi Klinis secara rutin dan terprogram, setiap seminggu sekali dan terprogram dari kelas 1 sampai kelas 6 meliputi jadwal supervisi guru, mengamati keadaan kelas, proses pembelajaran, administrasi kelas, keadaan siswa di kelas, analisa. Teknik yang digunakan Kepala Madrasah dengan kunjungan/ observasi kelas. Evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis dilakukan setelah observasi pengajaran. Tindak lanjut supervisi klinis adalah perbaikan pada siklus berikutnya. Faktor yang mempengaruhi supervisi klinis: Faktor pendukung meliputi kemampuan manajerial kepala madrasah, kedisiplinan guru, dan kemampuan guru. Faktor penghambat meliputi mental guru, kesiapan guru, administrasi kelas, serta waktu pelaksanaan supervisi. Faktor lain adalah Lingkungan masyarakat, Besar kecil sekolah, tingkatan dan jenis sekolah, keadaan guru-guru dan pegawai-pegawai, kecakapan dan keahlian kepala madrasah.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | supervisi klinis, kepala madrasah, peningkatan, belajar |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 07:49 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 07:49 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5609 |