Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH TERPADU DARUTTAUHID POTROYUDAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016-2017

IMRON, 162610000328 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH TERPADU DARUTTAUHID POTROYUDAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 162610000328_COVER DAN HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
162610000328_COVER DAN HALAMAN DEPAN.pdf

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of 162610000328_BAB I.pdf] Text
162610000328_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of 162610000328_BAB II.pdf] Text
162610000328_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[thumbnail of 162610000328_BAB III.pdf] Text
162610000328_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of 162610000328_BAB IV.pdf] Text
162610000328_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[thumbnail of 162610000328_BAB V.pdf] Text
162610000328_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[thumbnail of 162610000328_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
162610000328_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pembelajaran bidang studi Agama Islam pada Madrasah Aliyah di Daruttauhid Potroyudan Jepara Tahun Pelajaran 2016-2017. 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran bidang studi Agama Islam pada Madrasah Aliyah di Daruttauhid Potroyudan Jepara Tahun Pelajaran 2016-2017.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Daruttauhid Potroyudan Jepara Tahun Pelajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara pihak yang terkait dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data (data reduction), sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran di MA Daruttauhid Potroyudan dilakukan dengan rapat pada awal tahun, rencana kegiatan madrasah berupa proses pembelajaran bidang studi, kegiatan Belajar Mengajar dan supervisi. Perencanaan dilakukan dengan konsep pendidikan Islam sesuai dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah, Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perencanaan awal guru mengajar sesuai kualifikasi, metode, strategi pengembangan karakter religious siswa membawa dampak yang positif terhadap kemajuan MA Daruttauhid. Evaluasi dilakukan secara pribadi maupun bersama dengan Kepala Sekolah dengan cara meminta laporan dari guru mata pelajaran dan wali kelas yang secara rutin setiap bulan, pertengahan semester, akhir semester dan akhir tahun. Tindak lanjut dilakukan dengan memberikan penghargaan kepada para guru di MA Daruttauhid Potroyudan Jepara yang berprestasi untuk meningkatkan semangat dan kinerja guru serta sanksi berupa teguran lisan, peringatan tertulis dan pemanggilan; (2) Faktor-faktor yang mendukung pembelajaran bidang studi Agama Islam antara lain, keberadaan pondok pesantren Daruttauhid, kegiatan rutim mengaji dan program pendampingan belajar di pondok pesantren Daruttauhid, koleksi kitab salaf yang dimiliki merupakan bahan pembelajaran dalam bidang studi Agama Islam. Kendala yang dihadapi yaitu pengaruh pergaulan bebas dan penggunaan teknologi yang disalahgunakan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M. Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Studi Agama Islam, MA.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:48
Last Modified: 14 Nov 2023 07:48
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5608

Actions (login required)

View Item
View Item